Indarung I Berpeluang Jadi Heritage Industri


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:06:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Indarung I, lanjut Agus Boing, juga telah menjadi saksi bagaimana perkem­bangan PT Semen Padang yang sempat jatuh bangun. Bahkan, Indarung I sempat akan dijual menjadi besi tua. Untuk waktu itu dise­lamatkan oleh Gubernur Sumbar saat itu Harun Zein dan Direktur Utama PT Semen Padang, Azwar Anas.

“Pak Harun sebagai Gu­bernur waktu itu meminta agar semua peralatan dires­torasi, sembari menda­pat­kan pemodal. Gaji karyawan PT Semen Padang sempat dibayarkan melalui Pemda Provinsi Sumbar, itu yang saya dengar,” sebut Agus persoalan yang pernah diha­da­pi industri kebanggaan Sumbar ini.

Dengan dijadikannya, Indarung I lokasi heritage industri, akan menjadikan kawasan tersebut pusat studi dan pusat kajian. Bahkan, berpotensi untuk dikem­bangkan menjadi satu yang komersil.

“Sekarang kita susun dulu seperti apa konsepnya lebih bagus, untuk itu kita melibatkan kalangan pro­fesional. Bisa saja nanti di Indarung I ini kita punya kolam renang dan lapa­ngan  golf, mana yang men­jadi kawasan rekreasi dan mana yang menjadi kawasan heritage.

Kawasan yang perlu di­be­rikan ke sekuritinya de­ngan membangun sitem ke­mananan yang,” jelas Agus Boing pada diskusi yang dihadiri pakar heritage in­ternasional dari Belanda, Evert Verhagen. Hadir pula, Project Leader Indonesia Belanda Untuk Heritage, Hasti Tarekat dan konsultan dari Universitas Bung Hat­ta, Eko Alfarest.

Dikatakannya, sebelum­nya pada 2010 pada peri­ngatan Seabad tahun PT Semen Padang telah dila­kukan seminar dalam mem­bangun kawasan heritage. Bagaimana indarung I men­jadi museum, tapi nyatanya itu membutuhkan biaya yang sangat besar hingga mencapai setengah triliun

Sementara itu, Kon­sul­tan Heritage dari UBH, Eko Alfarest mengatakan, diri­nya berfikir ada potensi besar dari Indarung I. Tidak hanya dalam bentuk kebe­daan atau nilai lainnya.

Sedangkan potensi lain­nya, dapat menghidupkan sebagian sistem semen yang lama, walau tidak berpro­duksi. Sehingga menjadi sebuah oase, dalam dalam bentuk tempat pertemuan dan wisata. Menampilkan suasana berbeda dengan tempat lain di Indonesia.

Katanya, jika selama ini besi tua tersebut tidak me­na­rik, akan menjadi tempat baru. Bisa digunakan tem­pat wedding party, konser jazz, garden party, wisata sejarah. Karena fisik Semen Padang Indarung I ini bisa becerita lebih dari satu abad. Memanfaatkan masa lalu, untuk kebanggaan baru.

“Saya lebih optimis ini akan sangat bernilai dimasa mendatang, tidak hanya romantis masa lalu, ini bukti dulunya Indarung I itu he­bat,” ujarnya. Sebelumnya, PT Semen Padang mem­bangun museum semen na­sional Indonesia di lahan pabrik Indarung I pada ka­wasan seluas 4,8 hektar di komplek perusahaan ter­sebut. (h/vid/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM