Kredit Perbankan, Bukan Wewenang BI


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:05:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“BI ada kewenangan untuk meloloskan atau menolak kredit itu keliru. Yang berhak hanyalah bank pemberi pinjaman bukan BI,” ujarnya.

Dikatakannya, hanya pihak yang memiliki otoritas untuk menyediakan data disebut de­ngan Sistem Informasi Debitur. “Jadi, jika ada masyarakat yang diterima ataupun ditolak dalam pengajuan, itu disebabkan ada catatan rekam jejak pada lembaga keuangan yang ada,” lanjutnya.

Ditambahkannya, BI tidak pernah menentukan apakah seseorang dapat diberikan kredit atau tidak karena keputusan sepenuhnya ada pada bank pem­beri pinjaman. “Dalam proses pengajuan kredit biasanya akan menyurvei calon nasabah,” pung­kasnya.

Sementara itu, Asisten Di­rektur Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan BI Sri S War­dhana menyampaikan, sejak Desember 2013 Sistem Info­r­masi Debitur menjadi ke­we­nangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun karena dibangun BI baru akan sepenuhnya di­serahkan pada 2017.

Ditambahkannya, saat ini rata-rata perbankan meminta data Sistem Informasi Debitur mencapai Rp3 juta debitur per hari. “Jika ada debitur yang sudah menyelesaikan kewajiban keuangan namun pada data masih tercantum punya utang maka bank harus mengoreksi statusnya serta menjelaskan ini murni kelalaian bank. Maka bank wajib melaporkan data nasabah setiap tanggal 1 sampai 12 setiap bu­lannya dan jika terjadi ke­ter­lam­batan satu hari akan dikenakan denda Rp1 juta untuk bank umum,” jelasnya. (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 September 2015 - 19:21:43 WIB

    Penyaluran Kredit Perbankan Melambat

    PADANG, HALUAN — Bank Indonesia mencatat pertum­buhan penyaluran kredit per­bankan di Suma­tera Barat (Sumbar) pada triwulan II 2015 melambat seiring de­ngan terjadinya perlambatan ekonomi glo­bal.<.

  • Ahad, 26 Juli 2015 - 18:46:42 WIB

    Berikan Kredit Rp16 Miliar, Aset Rp20,5 Miliar

    KPRI RSUD ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI

    BUKITTINGGI, HALUAN — Meski dituntut bekerja profesional dalam rangka mem­berikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa rumah sakit, namun para karyawan Rum.

  • Senin, 08 Juni 2015 - 18:56:16 WIB

    BI Segera Pangkas Target Kredit

    JAKARTA, HALUAN — Ba­gai­kan sisi mata uang yang tak terpisahkan, kele­suan ekonomi akan berimbas pada perlambatan pertum­buhan kredit bank.

    Setelah mengoreksi per­tum­buhan ekonomi Indo­n.

  • Ahad, 10 Mei 2015 - 18:59:01 WIB

    Mulai Juni, Bunga Kredit Turun

    JAKARTA, HALUAN — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengem­buskan kabar sukacita bagi para debitur bank. Lembaga superbodi tersebut memprediksikan, sekitar Juni hingga Juli 2015 mendatang bakal terjadi tren .

  • Jumat, 01 Mei 2015 - 19:03:24 WIB

    Asippindo: UMKMK Terkendala Dapatkan Kredit

    JAKARTA, HALUAN — Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) sangat mendukung RUU Penjaminan segera disahkan menjadi undang-undang. Alasannya, karena UU tersebut sangat menentukan nasib usaha mikro kecil meneng.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM