BUMD Grafika Siap Beri Ruang untuk Buku Konten Lokal


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:17:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ia mengatakan, pener­bitan buku tersebut memang bertujuan untuk me­nye­diakan buku murah dengan konten lokal agar bisa dia­kses oleh semua lapisan masyarakat.

PT Grafika Jaya Sumbar juga mencetak ulang buku-buku legendaris seperti, buku karya AA. Navis  yang berjudul Alam Takambang Jadi Guru. Buku Makmur Hendrik diantaranya, Ti­kam Samurai sebanyak 10 jilid, Giring-giring Perak sebanyak dua jilid, dan kum­­pulan cerpen yang ber­judul Jangan Menangis Ma­ma yang pernah diangkat ke layar lebar.

“Selain karya dua sas­trawan itu, kita juga men­cetak ulang buku karya B. Dt. Seri Maharadjo yang berjudul Adat Sopan San­tun,” ucapnya.

Buku ini terakhir diter­bitkan pada 1922, dan nas­kahnya ditemukan di Cornell University, New York. Sekarang sedang da­lam proses penyun­tingan.  Beberapa karya lain seperti Perjalanan Panjang Musik Minang Modren karya Agus Taher, Novelet Si Padang Bukan Orang Minang karya Burhan, yang juga sedang dalam proses untuk di­ter­bitkan kembali.

“Buku yang telah diter­bitkan tersebut telah dapat dibeli di sejumlah toko buku di Sumbar, “ im­buh­nya.

Kepala Arsip dan Per­pu­stakaan Daerah Sumbar Alwis yang dihubungi Ha­luan Senin (19/10) di Pa­dang menilai, langkah yang dilakukan PT Grafika Jaya merupakan langkah yang bagus untuk kembali men­catat ulang sejarah, agar nantinya generasi penerus tidak lupa akan catatan sejarah ini. Menurutnya, dengan jalan ini akan me­nguntungkan bagi per­pus­takaan.

“Kita mendukung pe­nuh langkah ini, karena akan memperbanyak ko­leksi bacaan. Selain itu juga akan memberi ruang kepada penulis lama maupun pe­nulis muda untuk kembali mengeluarkan karyanya,” ujar Alwis. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Oktober 2015 - 19:26:16 WIB

    Penyertaan Modal untuk BUMD akan Ditambah

    PADANG, HALUAN — Jumlah penyertaan modal Pemprov Sumbar untuk PT Perseroan (BUMD,Red) yang dimiliki Sumbar akan ditambah hampir setengah triliun. Pemprov dan DPRD juga akan mengubah Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM