Harga Karet Terus Anjlok


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:16:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Para petani banyak beralih menanam jagung dan sayur sejak beberapa bulan terakhir akibat har­ga karet turun. Peng­ha­silan tidak sebanding lagi dengan biaya membeli kebutuhan sehari-hari, terutama beras,” ujarnya.

Menurutnya, harga ka­ret bulan sekarang hanya Rp5.000-Rp6.000 per kg, padahal pada kondisi nor­mal di penghujung tahun 2013 masih di atas Rp18 ribu per kg. Belum lagi dalam sebulan terakhir produksi karet jauh me­nurun, dampak dari mu­sim kemarau. Untuk areal satu hektare biasanya bisa menghasilkan getah karet 30 kg, tetapi sekarang ini paling banyak 12 kg saja per hari.

“Menyikapi kondisi harga karet yang terpuruk inilah para petani banyak beralih mulai menekuni usaha menanam jagung atau sayuran, karena di samping pemasarannya mudah juga hanya dalam kurun waktu dua bulan dan paling lama tiga bulan sudah menghasilkan,” ujar­nya.

Zuriatman menam­bahakan bahwa saat ini warganya yang tergabung dalam kelompok tani Pa­dang Bariang Jorong jam­bu Lippo Kenagarian Lu­buk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok telah selesai menanam jagung dengan bermodalkan bersama, tanpa bantuan bibit. “ kita sebagai wali nagari ikut mendukung apa yang ter­baik bagi warga kita demi memenuhi kebutuhan ha­riannya, lagian harga ja­gung saat ini kan lumayan tinggi sesuai dengan per­mintaan pasar, jadi apa salahnya kita mencoba bertanam jagung,” ujarnya. (h/ogi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 10:13:44 WIB

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar menyita sejumlah paket sabu yang harganya mencapai ratusan juta. Satu pengedar terpaksa ditembak karena melawan petugas dengan mengg.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 18:08:51 WIB

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Kepala Kepolisian Resor Solok Kota, AKBP Dony Setiawan SIK MH memberikan penghargaan kepada personel Polres Solok Kota yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam penanganan bencana.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 19:20:52 WIB

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar PADANG, HALUAN – Tiga Kepala Sat Reserse Narkoba (Kasat Resnarkoba) mendapat penghargaan dari Polda Sumatera Barat atas prestasinya dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Sumatera Barat. .
  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:52:28 WIB

    Harga Cabai dan Telur Kian Merangkak Naik

    PADANG, HALUAN — Hampir satu pekan belakangan, harga bahan pokok sembako khususnya cabai merah mulai merangkak naik. Tidak hanya itu, kenaikan harga bahan pokok ini disusul oleh harga telur ayam yang saat ini juga naik.<.

  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:51:40 WIB

    Harga Emas Terus Turun

    PADANG, HALUAN – Harga emas terus menunjukkan pergerakan ke bawah atau terus turun. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinvestasi dengan membeli emas.

    Pantauan Haluan, Selasa (1/12) di .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM