Pemkab Pasaman Optimis Dana Desa Dapat Digunakan


Kamis, 15 Oktober 2015 - 19:24:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

 

Ia menyebutkan, pe­nge­sahan dua Perbup peng­gunaan dana desa tersebut paling lambat Senin depan sudah ditandatangan Pj Bu­pati. Meski Juklak dan Juk­nis belum keluar dari Ke­menterian PDT, namun pem­­bentukan Perbup akan mempedomani petunjuk dari Kemendagri dan Hasil Rakornas Kemen PDT. Da­na tersebut digunakan untuk mem­biayai pe­nye­leng­gara­an pemerintahan, pem­ba­ngu­nan berupa perbaikan infrastruktur desa, pem­berdayaan masyarakat se­per­ti kegiatan simpan pin­jam dan ekonimi kerak­ya­tan, serta kemasya­raka­tan.

Dalisman menyebutkan, pengesahan Perbup me­ngenai Juklak dan Juknis ini sempat terundur karena Pasaman dipimpin oleh Plh Bupati selama satu bulan lebih. “Memang ada pe­ngaruh dari ketidakadaan Pj Bupati. Salah satunya pe­ngesahan Perbup Juklak dan Juknis ini. Inipun telah diinstruksikan oleh Pj Bu­pati untuk segera menun­taskan Perbup penggunaan dana desa,” katanya.

Dana desa untuk tahap I Kabupaten Pasaman, lanjut Dalisman, telah ditransfer ke kas Nagari. Tahun ini, hanya 32 Nagari yang dapat dana desa tersebut, dengan total anggaran Rp11,6 mi­liar. Untuk pencairan dana desa, dilakukan secara ber­tahap yaitu tahap 1 se­banyak 40 persen sudah direa­lisa­sikan ke khas Nagari dan tahap 2 segera direa­lisa­sikan 40 persen dan tahap 3 sebanyak 20 persen.

“Kita optimis dana desa ini bisa dilaksanakan, kare­na dana tidak begitu besar. Tentu wali nagari diminta proaktif menyusun rencana penggunaan dana desa ter­sebut,” pinta Asisten Bidang Pemerintahan itu.

Pelaksanaan dana desa di tingkat Nagari, nanti akan dikelolah langsung oleh kelompok masyarakat (pok­mas). Wali Nagari, sekre­taris dan bendahara Nagari sudah mengikuti pendid­i­kan dan latihan pengelolaan dana desa. Sedangkan untuk pendamping dana desa, ma­sih dalam proses diklat. Pelaksana teknis dilakukan oleh Pokmas, pokmas ini segera akan dibentuk.

“Wali nagari jangan ta­kut menggunakan dana desa karena nantinya dana desa ini akan ada petunjuk, wali hanya menjalankan saja sesuai petunjuk-petunjuk yang ada. Untuk meng­hin­dari duplikasi kegiatan, satu kegiatan yang dibiayai oleh dua sumber pendanaan yang berbeda, maka perlu wali nagari menghindari ganda jabatan pokmas. Kepada Pendamping dana desa, ha­rus melakukan fungsi pen­dampingannya dengan mak­simal,” pungkasnya. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:43:33 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemkab Padang Pariaman akan menertibkan orgen tunggal dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penertiban Hiburan Orgen Tunggal. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Padang Par.
  • Rabu, 23 Mei 2018 - 15:30:20 WIB

    Pemkab Mentawai Bakal Bentuk Tim Cyber Anti Narkoba dan Radikalisme

    Pemkab Mentawai Bakal Bentuk Tim Cyber Anti Narkoba dan Radikalisme MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat berencana membentuk Tim Cyber Anti Narkoba, Pornografi dan Radikalisme..
  • Selasa, 27 Maret 2018 - 07:33:06 WIB

    Pemkab Agam Bagikan 1 Juta Bibit Bunga Gratis

    Pemkab Agam Bagikan 1 Juta Bibit Bunga Gratis AGAM, HARIANHALUAN- Pemerintah Kabupaten Agam sejak  awal tahun 2018, sudah membagikan lebih kurang 1 juta bibit beraneka ragam aneka tanaman. Salah satunya bibit bunga yang paling diminati adalah Bunga Bayam Merah (miyana)..
  • Senin, 19 Februari 2018 - 15:50:41 WIB

    Perbaiki Layanan Publik, Pemkab Agam Kembangkan Radio

    Perbaiki Layanan Publik, Pemkab Agam Kembangkan Radio AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam menggelar Rapat Paripurna Penyampaian nota Bupati Agam mengenai rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik L.
  • Rabu, 07 Februari 2018 - 14:21:06 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Buka Lowongan Tenaga TI

    Pemkab Padang Pariaman Buka Lowongan Tenaga TI PARIT MALINTANG, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Padang Pariaman mencari delapan orang tenaga teknis Teknologi Informasi (TI) untuk mengisi tiga formasi yang pendaftarannya dibuka mulai 5 sampai 12 Februari 2018..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM