Jokowi Sambangi Rumah Kelahiran Bung Hatta


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:24:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Ya, nilai-nilai yang pa­ling penting, itu nilai-nilai filosofi yang diberikan be­liau, Bung Hat­ta kepada ge­nerasi mu­da. Hal-hal yang berkaitan dengan kedisi­pli­nan yang sangat ke­tat kemudian ke­rak­yatan, cinta pa­da rakyat kecil itu yang betul-betul kita lihat. Kemu­dian juga tadi di­sam­paikan oleh ibu Mutia yang keras hati (Bung Hatta). Hal-hal yang prinsip itu tidak bisa dita­war,” ujar Jokowi.

Dalam mene­lu­suri ruangan yang ada di Rumah Kelahiran Bung Hatta ini, Jokowi bersama Ibu Iriana dipandu oleh ahli waris Bung Hatta, Mutia Hatta bersama suami Sri Edi Swasono dan se­jumlah pejabat Pemprov Sumbar. Bahkan dalam kunjungan itu, Jokowi sempat mempertanyakan keaslian rumah tersebut.

“Ini masih bangunan asli ?,” tanya Presiden Jokowi ke Mutia Hatta sambil terus melangkah masuk dan menyaksikan sejum­lah foto Bung Hatta Kecil dan anggota keluarga besar Bung Hatta. “Ti­dak, ini replika. Namun bentuk dan gaya ditiru persis sama dengan yang asli,” jawab Mutia sambil membawa Jokowi menuju ka­mar mamak dari Bung Hatta dan terus menuju ruang dapur.

Dalam kesempatan itu, Joko­wi juga menyinggung masalah koperasi. Terkait permasalahan koperasi yang saat ini tidak berkembang dengan maksimal, Jokowi mengatakan, saat ini koperasi memang menjadi kosen­trasi pemerintah.

“Tetapi memang kita harus berani mereform total cara-cara kita mengembangkan koperasi, mengembangkan usaha mikro, kecil, tapi memang baru diproses. Tapi nanti kalau sudah selesai akan saya sampaikan,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Mutia Hatta mengungkapkan, kunjungan sing­kat Presiden Jokowi ke rumah kelahiran sang proklamator sa­ngat berbekas mendalam. ”Ini kunjungan presiden pertama sejak 20 tahun terakhir,” ujar Mutia Hatta.

Hanya sekitar 20 menit Joko­wi berada di Rumah Kelahiran Bung Hatta ini, sebelum berang­kat menuju Kampar Riau melalui jalan darat. Jalur darat dipilih karena tak memungkinkan mela­kukan penerbangan disebabkan terbatasnya jarak pandang.

Namun sebelum naik mobil melakukan perjalanan ke Kam­par, Presiden Jokowi juga sempat diserbu oleh kerumunan warga yang ingin bersalaman. Melihat antusias masyarakat itu, tak ada alasan buat Jokowi untuk tidak melayani masyarakat. Ia mem­beri kesempatan beberapa menit bagi warga yang ingin bersalaman dan ingin foto-foto.

Berbeda dengan pengamanan presiden sebelumnya, penga­ma­nan presiden kali ini terkesan sa­ngat lebih fleksibel. Ini dibuk­tikan dengan diberinya akses bagi masya­rakat untuk mendekati presiden tanpa dibatasi aparat dan pas­pampres yang berlebihan. (h/wan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 16:56:47 WIB

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali kota-Wakil Wali Kota Pariaman dan Padang Panjang masa jabatan 2018-2023 resmi dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Aula kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa, (9/10)..
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 22:46:37 WIB

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pembukaan rapat kerja nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang bertempat di hotel Inna Muara Kota Padang, Senin (8/10). .
  • Senin, 11 Juni 2018 - 16:06:19 WIB

    Jokowi Bakal Kembali ke Padang

    Jokowi Bakal Kembali ke Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM –Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan kembali menginjakkan kaki di Ranah Minang. Orang nomor satu di republik bakal membuka Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) XI yang digelar Universi.
  • Selasa, 22 Mei 2018 - 10:51:00 WIB

    Kunjungi Sumbr Keempat Kalinya, Jokowi: Politik Satu Sisi itu Jahat

    Kunjungi Sumbr Keempat Kalinya, Jokowi: Politik Satu Sisi itu Jahat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat tidak mudah menaruh curiga dan berprasangka buruk terhadap hal yang belum jelas kebenarannya. Pernyataan itu ia sampaikan untuk menampik kembali merebaknya.
  • Senin, 21 Mei 2018 - 19:11:12 WIB

    Kereta BIM Diresmikan Jokowi, Irwan Prayitno: Saya Ucapkan Terima Kasih

    Kereta BIM Diresmikan Jokowi, Irwan Prayitno: Saya Ucapkan Terima Kasih PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, Senin, (21/5). Kereta ini merupakan kereta bandara ketiga di Ind.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM