Jokowi Kunjungi 7 Daerah di Sumbar


Rabu, 07 Oktober 2015 - 20:02:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pj Gubernur Sumbar Rey­donnyzar Moenek mengatakan dari jadwal yang diterimanya, presiden landing di BIM, Kamis (08/10) pagi dan melanjutkan perjalanan ke Riau lewat darat.  “Nantinya Presiden akan meng­i­nap di Riau. Dan akan me­la­kukan beberapa kegiatan di sa­na,” pungkasnya.

Keesokan harinya, kata Donny barulah presiden berkegiatan di Sumbar dengan mengunjungi Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTUH-PT) Padang Mangateh di Kabu­paten Limapuluh Kota. Di tempat yang sebagian orang mense­jajar­kannya dengan peternakan sapi di Australia ini, Jokowi akan me­ninjau pengembangbiakan sapi unggulan.

Dari sini,  Presiden dan rom­bongan bertolak ke Bukittinggi untuk  melakukan kunjungan ke Istana Bung Hatta dan beberapa tempat lainnya. Rencananya Presiden juga akan menginap di The Hill Bukittinggi,” terangnya.

Keesokan hari, Presiden akan diagendakan untuk melepas pe­balap sepeda Tour de Singkarak etape ke VIII di Simpang Ampek, Pasaman Barat. Dari situ, Jokowi akan mengunjungi kawasan wisata Mandeh di Pesisir Selatan dengan menggunakan heli Super Puma. Dari Pessel masih menggunakan heli Puma, Presiden akan me­nyempatkan untuk menyambangi Mentawai.

“Di Mentawai nantinya, Pres­iden akan memantau pemba­ngunan Mentawai pasca gempa dan tsunami. Di sana Presiden juga akan berceng­karama dengan masyarakat,” jelasnya.

Dari Mentawai nantinya Pre­si­den akan ke Kota Padang untuk meninjau Masjid Raya Sumbar dan dilanjutkan peninjauan rel kereta api bandara BIM di Ka­bupaten Padang Pariaman.

Jokowi sendiri datang ke Sumbar lebih awal dari jadwal semula,yakni 11 Oktober. Hal ini terjadi karena 11 Oktober itu, Presiden ada agenda bertemu dengan Perdana Menteri Ma­laysia di Istana Negara.  “Jadwal kunjungan ini masih tentative. Jadi, kita masih me­nunggu bagai­ma­na nantinya dari protokol pu­sat. Ini kan baru kita yang me­ngagendakan,” pungkas Donny.

10.600 Personel

Untuk meyambut kedatangan orang nomor satu  di republik ini,  telah disiagakan 10.600 pasukan dari gabungan dari TNI dan Polisi. Pasukan itu terdiri dari 4.000 personil TNI dan 6.600 pasukan dari Polri. Hal ini diakui Komandan Korem 032/Wira­braja Brigjen TNI Widagdo Hen­dro S dan Kapolda Brigjen Pol Drs. Bambang Sri Herwanto.

“Presiden agenda banyak, jadi kita di daerah yang menyesuaikan. Untuk kedatangan Presiden kita juga telah beberapa kali mela­kukan rapat koordinasi. Dan untuk kunjungan besok kita siap. Untuk lokasi-lokasi yang akan dikunjungi pun kita telah mela­kukan pengecekan,” paparnya.

Setali tiga uang dengan Bam­bang Sri Herwanto, Danlantamal Dindin Sukardi dalam rapat tersebut menyatakan, siap untuk pengamanan di laut. Selain itu, TNI AL juga akan mendukung pengamanan.

“Kita siap untuk menyambut kedatangan Presiden. Kita akan kerahkan pasukan untuk penga­manan,” pungkasnya. Sementara itu, Danlanud Mu­hammad Apon juga menyatakan kesiapannya. Kesiapan kali ini mulai dari pengecekan lokasi pendaratan ketika Presiden meng­gunakan heli Super Puma nantinya.

Pangdam I/BB ke Padang

Sementara itu, untuk men­dukung pelaksanaan pengamanan presiden, Pangdam I Bukit Ba­risan (BB) Mayjen Lodewyk Pusung langsung mengecek ke­siapan jajarannya ke Padang. Datang bersama istri, rombongan mendarat di BIM, Rabu (7/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Di BIM, Pangdam disambut Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Widagdo Hendro S, Kapolda Sum­bar Brigjen Pol Bambang Sri Her­wanto, Danlantamal II Teluk Bayur yang diwakili Wadan Lan­tamal Kolonel Laut (PM) Widhy Sutedjo.

Dalam kunjungannya ke wila­yah Korem 032/Wbr, Pangdam I/BB beserta ibu juga didampingi oleh Danpom Dam I/BB, As Intel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB dan Kapendam I/BB.

Pangdam I/BB selaku Pang­koops Pam VVIP, akan memim­pin langsung pelaksanaan penga­manan dan meyakinkan kesiapan operasional tiap-tiap satgaspam secara keseluruhan. (h/mg-isr/naz)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 September 2018 - 20:56:58 WIB

    Di Padang, Relawan Jokowi-Ma'ruf Turun ke Jalan

    Di Padang, Relawan Jokowi-Ma'ruf Turun ke Jalan PADANG, HARIANHALUAN. com--Massa pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin penuhi kawasan GOR Agus Salim,  Sabtu (29/9)..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 02:16:53 WIB

    Jokowi Dijadwalkan Jadi Irup HBN

    PADANG, HA­LUAN — Pre­si­den Joko Wi­do­do di­jad­wal­kan menjadi ins­pek­tur upa­cara (Ir­up) Peringatan Hari Bela Ne­gara (HBN) yang di­pu­satkan di lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, 19 Desember 2017 men.
  • Senin, 12 September 2016 - 15:08:07 WIB

    Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional

    Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional PADANG, HALUAN – Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo sudah disembelih sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (12/9) pagi tadi. Sebelum memasuki proses penyembelihan, butuh 13 orang untuk “menumbangkan” sapi seberat 1,2 ton.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:40:28 WIB

    Jokowi ke Sumbar Diharapkan Bawa Dampak Positif

    Jokowi ke Sumbar Diharapkan Bawa Dampak Positif PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Rahim, mengharapkan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Sumbar kali ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan Sumbar ke depan­ny.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 06:02:47 WIB

    Jokowi Bakal Takbiran dan Salat Ied di Padang

    Jokowi Bakal Takbiran dan Salat Ied di Padang PADANG, HALUAN —Untuk ketiga ka­linya, Presiden Joko Widodo kembali sam­bangi Sumatera Barat (Sumbar). Jokowi akan melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) di Masjid Raya Sumbar. Presiden juga di­rencakan untuk melaksanakan t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM