Keponakan Istri Wako Pariaman Dibunuh


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:45:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Korban pertama kali dite­mukan oleh adiknya, lalu disam­paikan kepada Bapaknya Aftoni Afdal. Ke­tika itu Aftoni dan istri beserta dua adik korban yang keduanya pe­rempuan, baru pulang dari Bukit­tinggi. Korban memang tidak ikut pergi ke kota wisata tersebut. Selan­jutnya ayah korban pergi keluar ruko dan meli­hat Samsu, salah seorang warga yang sedang lewat di jalan depan ruko tersebut. Samsu diberi tahu oleh Aftoni soal tewasnya Aditia Riz­ki. Samsu pun ikut mengangkat mayat korban.

Keterangan yang diperoleh dari Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy, pada tubuh korban ditemukan sejumlah luka. Seperti luka robek di bawah dagu, pada kepala dan kening korban juga terdapat luka lebam bekas ben­turan keras ke lantai. Sejumlah barang juga hilang, seperti  per­hiasan dan dua buah jam. Korban adalah siswa SMPN 1 Kota Paria­man Kelas III.

“Untuk sementara berdasar­kan olah TKP tidak ditemukan adanya kerusakan pada kunci, maupun pintu rumah dan lainnya. Saat ini jenazah  korban dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Polri di Padang untuk dilakukan otop­si, dan akan dilakukan olah TKP kembali. Sementara motif pelaku berdasarkan barang yang hilang diduga perampokan,”ulas Riko.

Ia melanjutkan, kronologis kejadian orang tua meninggalkan korban sekitar pukul 10.00 WIB untuk pergi keluar daerah. Kemu­dian setelah pulang ke rumah, berkisar pukul 18.00 WIB sore, ayah korban mendapati anaknya telah tewas bersimbah darah di lantai dua kamar atas, dekat pintu depan. Pihak kepolisian akan terus mendalami sampai sekecil mungkin indikasi penyebab dan pelaku kejadian tersebut.

Ayah korban Aftoni Afdal menduga pelaku pembunuhan adalah orang dekat. Jumlah pe­laku diduga juga tidak satu orang. Dugaan itu disampaikan Aftoni kepada penyidik polisi. Namun demikian siapa orang dekat yang dimaksud, Aftoni belum me­nyebut nama orang yang dicurigai tersebut. Polisi juga belum dapat menyimpulkan siapa pelaku pembunuhan atas anggota keluar­ga besar Walikota Pariaman Mukhlis R tersebut.

Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldy mengatakan pihak­nya akan melakukan olah TKP lanjutan dan juga meminta kete­rangan dari sejumlah saksi. Data-data tentang dugaan pelaku akan dikumpulkan berdasarkan kete­ra­ngan yang diberikan oleh para saksi. Yang jelas polisi akan sece­patnya mengungkap siapa pelaku pembunuhan ini. Kecuri­gaan po­lisi, korban kenal dengan pelaku.

Aftoni Afdal tampak sangat terpukul, sedih dan syok atas pembunuhan terhadap anaknya. Pria yang berprofesi sebagai kontraktor itu berupaya mem­berikan keterangan lengkap kepa­da polisi di TKP. Dia tampak berusaha tegar menghadapi musi­bah berat yang menimpa keluar­ganya. Dalam keterangannya juga dijelaskan bahwa Aftoni masih sempat berkomunikasi melalui ponsel dengan korban sekitar pukul 13.00 WIB. Berikutnya sekitar pukul 15.00 WIB, Aftoni kembali mengirim pesan lewat  BBM kepada putra sulungnya itu, tetapi tidak ada lagi jawaban.

Saat dilakukan olah TKP, ratusan warga datang ke ruko milik Aftoni Afdal yang berada dipinggir jalan untuk menyak­sikannya. Lantai satu ruko dua pintu tersebut digunakan untuk menjual  alat dan bahan bangu­nan. Toko itu bernama UD Ridho Illahi. Toko itu selain menjual alat dan bahan bangunan untuk masyarakat umum, juga me­nyuplai kebutuhan proyek kon­traktor milik Aftoni Afdal.

Warga sekitar yang sempat dimintai keterangan oleh Haluan mengatakan korban adalah anak baik. Dia pandai bergaul dan suka penyapa. Warga tidak menyangka Aditia Rizki mati dibunuh. “Dia anak baik. Sungguh kami tidak menyangka dia mati dibunuh. Semoga polisi bisa segera me­ngungkap siapa pelakunya,” kata salah seorang warga yang tidak ingin namanya disebut.

Warga juga sempat ramai mendatangi Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Pariaman, tempat pertama kali korban dilarikan untuk dilakukan pemeriksaan dan otopsi. Namun karena per­leng­kapan untuk otopsi tidak tersedia di rumah sakit itu, akhirnya korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayang­kara Padang. Ruang UGD RSUD Pariaman dikunci rapat, sehingga selain keluarga korban tidak bisa masuk ke dalam ruangan. (h/mg-man/erz)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM