Pemko Bukittinggi Kembali Terima Penghargaan WTP


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:17:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

 

Penghargaan yang ditan­datangani Menkeu atas na­ma Pemerintah RI  itu  diterima langsung oleh Pj Walikota H. Abdul Gafar, yang didampingi Kepala Dinas Pengelolaan Keua­ngan dan Aset Daerah (DP­KAD) Drs. Dedet Kris­naldi, M.Si dan Kabag Humas Setda Bukittinggi Yulman, SIP, M.M.

“WTP yang kita raih ini patut untuk kita syukuri. Sebab penghargaan dari pemerintah pusat ini diraih berkat kerjasama yang baik serta komitmen yang tinggi dari seluruh aparat dan SK­PD Pemko dalam melak­sanakan pengelolaan keua­ngan yang baik,” ujar Abdul Gafar yang didampingi Ke­pala DPKAD Dedet Kris­naldi, kemarin.

Menurut Abdul Gafar, pemerintah pusat melalui Menkeu memberikan peng­hargaan atas keberhasilan penyusunan dan penyajian laporan keuangan 2014 de­ngan capaian standar ter­tinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pe­merintah daerah.

Mulai 2015 ini katanya, pemerintah daerah dituntut agar dapat melaksanakan laporan keuangan meng­gunakan basis Akrual. Jika selama ini laporan keuangan menggunakan basis akun­tansi kas, maka ke depan diwajibkan menggunakan akuntansi basis akrual. Ba­sis akrual artinya, pencatatan transaksi dan peristiwa lain­nya saat transaksi dan pe­ristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar.

Sementara itu Sekda H. Yuen Karnova menyam­paikan terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen, kesungguhan dan kerja keras yang telah dilakukan mulai dari Kepala SKPD, peng­e­lola keuangan, bendahara, PPK dan PPTK serta pihak terkait lainnya di  jajaran Pemko Bukittinggi.

Semuanya telah berbuat maksimal dalam penge­lola­an keuangan dan aset. “Ti­ada kata selain terima kasih yang bisa kita sampaikan untuk upaya-upaya yang telah mereka lakukan terha­dap pengelolaan keuangan yang lebih baik,” ucap Yuen.

Keberhasilan meraih peng­hargaan pemerintah pusat itu lanjutnya, sebagai bukti konkret atas Opini WTP yang sudah dua kali berturut-turut diraih. Atas sukses itu pula, Pemko Bu­kittinggi kian yakin dalam pengelolaan keuangan dae­rah yang lebih baik di masa datang. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk meraih WT­P murni. Artinya, opini WTP yang sama sekali tanpa paragraf.

Upaya ke arah itu sudah dilakukan, seperti pem­benahan untuk lebih me­leng­kapi administrasi. Se­bab, selama ini seperti ma­salah asset daerah, semuanya sudah terdata dengan baik, namun dalam pelaporannya masih ada yang belum tuntas administrasinya.  Artinya, paragraf pada dua kali WTP kemaren itu intinya masalah administrasi saja. “Ini pasti jadi tekad kita untuk me­nyem­purnakan guna memu­luskan jalan menuju WTP murni tersebut,” ucap Yuen.

Kepala DPKAD Dedet Krisnaldi menambahkan, tahun ini ada sebanyak 287 penerima penghargaan WTP dari semua unsure. Dengan rinciannya 62 Ke­mentrian/Lembaga Negara, 26 Pemerintah Provinsi, 149 Pemerintah Kabupaten dan 50 Pemerintah Kota. Semuanya berhasil menya­jikan laporan pertang­gungja­waban keuangan 2014 de­ngan capaian Opini Audit WTP. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 08:10:13 WIB

    Pasar Malam  Diduga Berbau Judi, Pemko Payakumbuh Membantah

    Pasar Malam  Diduga Berbau Judi, Pemko Payakumbuh Membantah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-Keberadaan Pasar Malam di kawasan Pasar Rakyat Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, disorot berbagai pihak. Pasalnya, di arena pasar malam tersebut diduga ada  permainan yang menga.
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 08:13:08 WIB

    Percepat Pemerataan Kemajuan,  Pemko Padang Buka Tiga Ruas  Jalan Baru

    Percepat Pemerataan Kemajuan,  Pemko Padang Buka Tiga Ruas  Jalan Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (pemko) Padang terus melakukan pembukaan akses atau jalan baru di sejumlah ruas kota. Tahun ini, setidaknya ada tiga titik jalan baru yang sedang dalam pengerjaan..
  • Rabu, 12 September 2018 - 18:20:31 WIB

    Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Padang Panjang Helat FSM ke-12

    Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Padang Panjang Helat FSM ke-12 PADANG PANJANG,HARIANHALUAN.COM-Tarian Kolosal Panggilan Surau oleh ratusan siswi SLTP menjadi pembuka Festival Serambi Mekah ke -12 yang digelar Pemerintah Kota Padang Panjang, Selasa (11/9).
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 13:58:41 WIB

    Warga Dukung Pemko Bukittinggi Buka Jalan Baru Talao

    Warga Dukung Pemko Bukittinggi Buka Jalan Baru Talao BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Rencana Pemko Bukittinggi   melaksanakan  pembukaan badan jalan, pengerasan hingga pengaspalan jalan di daerah Talao, Kelurahan Campago Guguak Bulek Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), te.
  • Rabu, 07 Februari 2018 - 10:02:55 WIB

    Pemko Sawahlunto Berharap Pembangunan Museum Adinegoro

    Pemko Sawahlunto Berharap Pembangunan Museum Adinegoro PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pembangunan monumen Adinegoro yang merupakan tokoh pers Indonesia asal Sawahlunto oleh Pemprov Sumbar yang direncanakan dengan APBD Perubahan Sumbar 2017 belum terlaksana. Pemko Sawahlunto mengharap.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM