SBY Siap ke Ranah Minang


Ahad, 06 September 2015 - 20:10:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

H Basrizal Koto bersama istri Hj. Mukhniarty Basko hadir dalam acara silaturahmi anggota dan keluarga besar anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat. Dari DPP Partai Demokrat hadir SBY bersama Hj Ani Yudhoyono,  Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, Sekjen PD  Hinca Pandjaitan,  Ketua Fraksi PD DPR-RI Edhie Baskoro Yudhoyono dan para pengurus DPP PD lainnya.

Basrizal Koto, salah seorang Ketua Pemenangan Lokal SBY wilayah Sumatera pada Pilpres 2004 lalu,  pada kesempatan ini sempat bernostalgia dan bercengkrama dengan SBY.  Khusus tentang Sumatera Barat, Ketua Umum PD ini menyatakan keseriusannya mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

“Saya sudah memerintahkan seluruh kader Partai Demokrat di Sumatera Barat untuk memenangkan pasangan MK-Fauzi. Insya Allah, saya siap ke Ranah Minang nanti,” ujar SBY seperti dikutip Basko, panggilan akrab Basrizal Koto.

Kepada Basko, Presiden RI dua periode 2004-2014 ini menyatakan kesannya yang mendalam tentang Sumatera Barat. “Ranah Minang alamnya indah, masyarakatnya ramah, negerinya aman. Makanya saya betah berhari-hari di Sumbar,” kata SBY.

Dari catatan Haluan, SBY sudahlebih sepuluh kali berkunjung ke Sumatera Barat. Perkenalan pertama SBY dengan Ranah Minang dimulai saat dia menjadi Menko Polkam era Presiden Megawati tahun 2004. Ketika itu SBY menghadiri seminar Tungku Tigo Sajarangan di Padang. Lalu, ketika kampanye Pilpres 2004, SBY kembali hadir di Sumatera Barat.

Setelah terpilih jadi Presiden RI, pada April 2005 ketika Gunung Talang meletus, SBY berkunjung ke Sumatera Barat. Saat itu Gamawan Fauzi masih menjadi Bupati Solok. Sepuluh hari setelah Gamawan dilantik jadi Gubernur Sumbar, Presiden SBY datang lagi ke Ranah Minang meresmikan Ban­dara Internasional Minangkabau (BIM). Enam bulan setelah itu, bersama Ibu Negara Ani Yudho­yono, SBY berkunjung lagi ke Sumbar pada tanggal 11 Januari 2006. Empat hari lamanya SBY berada di Ranah Minang.

Masih di tahun 2006, tepatnya 21 sampai 23 September 2006, SBY datang lagi ke Sumbar untuk menerima gelar kehormatan Yang Dipatuan Maharajo Pa­mun­cak Sari Alam dan Puan Puti Ambun Suri untuk bundo Ani Yudhoyono. Satu bulan berikut­nya, pada 18 Desember 2006, SBY datang lagi ke Sumbar meng­hadiri peringatan Hari Nusantara.

Setelah itu, Presiden SBY datang menyejukkan hati para korban gempa dahsyat tahun 2007.  Lalu pada 13 Desember 2008 SBY meresmikan ben­dung­an Batanghari di Kabupaten Dharmasraya. Pada 29 Maret 2009, SBY hadir di Padang dalam kapasitas sebagai  Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Se­telah terpilih sebagai Presiden RI untuk periode 2009-2014, SBY pun kembali berulang kali me­ngun­jungi Sumatera Barat. Te­rakhir waktu meresmikan Jalan Layang Kelok Sembilan di Kabu­paten Lima Puluh Kota. SBY dan Ibu Ani bermalam kembali di Bukittinggi.

“Ranah Minang sangat ber­kesan bagi saya. Saya percaya, Sumbar pasti bisa lebih maju asal dibangun secara bersama,” kata SBY. (h/ze)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 November 2015 - 20:13:59 WIB

    SBY dan Amien Rais: Pilih MK-Fauzi

    Dukungan terhadap pasangan Muslim Ka­sim-Fauzi Bahar terus mengalir. Presiden RI ke-6 dan mantan Ketua MPR RI bahkan m.

  • Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:25:58 WIB

    SBY Rindu Sumbar

    Hari ketiga di Sumbar, SBY seperti bernostalgia. Menjadi pembicara dalam sebuah iven internasional di Unand, kampus yang .

  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:23:44 WIB

    SBY: Ini Bencana Asap Terburuk

    IKUT SALAT ISTISQA DI PADANG

    Datang ke Padang, SBY diminta ikut salat Istisqa untuk meminta huja.

  • Selasa, 28 Juli 2015 - 20:04:57 WIB

    SBY : Demi Sumbar, PD Dukung MK-FB

    PADANG, HALUAN — Du­ku­ngan terhadap pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB) sebagai calon Gu­ber.

  • Ahad, 26 April 2015 - 19:48:55 WIB

    Demokrat Sumbar Inginkan SBY Pimpin Partai

    PADANG, HALUAN — Menjelang berlangsungnya Kongres Partai Demokrat, 11 Mei mendatang di Surabaya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumbar tetap menginginkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebag.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM