Pusat Kuliner dan Konveksi Masih Wacana


Kamis, 03 September 2015 - 19:54:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Rencana yang tinggal wa­cana ini juga diragukan reali­sasinya karena menurut Ba­p­peda Kota Padang, ren­cana-rencana yang sudah dipublikasikan ke publik itu tidak ada dalam rancangan pembangunan Pasar Raya tahun ini.

Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar me­nga­takan, untuk pem­bangu­nan pasar saat ini fokus untuk Fase VII dan pasar Inpres.

“Kalau untuk pusat ku­liner, pusat batu cincin atau pusat konveksi saya kurang tahu itu. Pastinya Dinas Pasar yang lebih paham. Namun, dalam perencanaan hanya rehabilitasi Fase VII, pembangunan Inpres II lan­jutan dan rencananya Inpres III. Tidak ada dalam peren­canaan tiga poin yang di­harap­kan tadi,” ulasnya.

Penelusuran Haluan ke­pada tiga unsur pedagang yang akan dibuatkan tempat khusus tersebut, mereka mengaku Pemko belum me­m­bahas itu.

Seperti pedagang batu akik di jalan Hiligoo yang masih berjejer puluhan ban­yak­nya. Andika, salah seo­rang tukang batu cincin me­ngaku itu hanya wacana sesaat saja tanpa ada tinda­kan selanjutnya. Dia tidak yakin Pemko Padang akan bisa mewujudkan Kota Pa­dang memiliki sentral batu cincin.

“Dari awal saya tidak per­caya dengan penataan pe­dagang batu cincin atau yang lainnya. Itu hanya omo­ngan pak wali saja,” pungkasnya.

Sedangkan pedagang ma­­­­kanan atau kuliner di samping kantor balaikota lama, Mak Ijah mengaku senang sekali jika itu bisa diwujudkan. Namun, kenya­taan dan realisasi itu belum terwujud hingga sekarang.

“Ada saya dengar untuk memusatkan pedagang ma­kanan dan minuman di Pa­dang Teater. Tetapi tindak lanjutnya belum ada sampai sekarang. Lihatlah pedagang makanan dan minuman ‘ba­serak’ di pasar,” terangnya.

Dalam wacana se­belum­nya memang pe­dagang ku­liner di pusatkan di Padang Teater. Itu juga bertujuan untuk menghabiskan salon-salon ‘mesum’ yang be­ro­perasi di kawasan itu.

“Sampai dua tahun ini rencana-rencana tidak juga terwujud,” paparnya.

Sedangkan Ketua Pe­dagang Konveksi di Pasar Raya Padang Jasman, me­ngaku tidak ada niat Pemko Padang untuk membenahi pasar. Apalagi untuk menyu­sun dan menata pedagang.

“Saya jujur saja kecewa dengan pemerintahan wali­kota yang sekarang. Me­ne­rima masukan dari ba­wa­hannya tapi tidak melihat langsung ke lapangan. Kami pedagang konveksi sudah menemui walikota dan me­n­yampaikan itu semua. Sam­pai sekarang tidak ada reali­sasinya sama sekali,” tuturnya.

Kekecewaan pedagang Pasar Raya Padang bukan tanpa alasan. Mereka sudah dijanjikan oleh walikota ketika memantau pasar be­berapa waktu lalu.

Kepala Dis­pe­rindag­tam­ben Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan dahulu awal tahun memang ada beberapa tenda dan gerobak untuk berdagang bagi pe­dagang di Pasar Raya. Ge­robak bantuan Kementerian Perdagangan tersebut ber­jumlah 50 unit, dan sudah diserahkan kepada pedagang di samping pertokoan Merlin. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 05 November 2018 - 17:02:02 WIB
    4.303 ORANG IKUT SELEKSI CPNS PEMKO PADANG

    Pelamar CPNS Gagal Silakan Lapor ke Pusat

    Pelamar CPNS Gagal Silakan Lapor ke Pusat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ratusan pelamar CPNS untuk formasi di lingkup Pemko Padang terus mendesak penjelasan atas kegagalan mereka dalam pemberkasan. DPRD Kota Padang menilai ada kejanggalan, sedangkan Wali Kota Padang m.
  • Jumat, 29 September 2017 - 17:51:47 WIB

    Tugu Monumen Gempa Jadi Pusat Peringati Gempa 30 September 2009

    Tugu Monumen Gempa Jadi Pusat Peringati Gempa 30 September 2009 PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tugu Monumen Gempa di Jalan Gereja masih tetap menjadi pusat tempat untuk memperingati gempa 30 September 2009. Kegiatan akan dilakukan hari ini Sabtu (30/9) pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB..
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:21:25 WIB
    DINAS PERDAGANGAN

    Jadikan Pasar Raya Pusat Perdagangan Sumbar

    Jadikan Pasar Raya Pusat Perdagangan Sumbar PADANG, HALUAN--Dinas Perdagangan Kota Padang berusaha untuk mengembalikan Pasar Raya sebagai pusat perdagangan di Kota Padang. Upaya ini dilakukan dengan cara menata semua pedagang yang ada di Pasar Raya dan menjalin kerjasa.
  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:22:19 WIB

    Cantiknya Kawasan Permindo di Pusat Kota Padang

    Cantiknya Kawasan Permindo di Pusat Kota Padang PADANG, HALUAN--Kawasan jalan Permindo Kota Padang terlihat berwarna-warni, menyusul hadirnya tenda-tenda pedagang kaki lima (PKL) yang tertata rapi. Sebanyak 80 unit tenda disediakan Pemerintah Kota Padang untuk digunakan p.
  • Kamis, 19 Januari 2017 - 10:12:40 WIB

    JTO Lubuk Buaya Jadi Kewenangan Pusat

    JTO Lubuk Buaya Jadi Kewenangan Pusat PADANG, HALUAN—Terhitung tanggal 1 Januari 2017, seluruh pegawai yang ada di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang Oto (JTO) Lubuk Buaya (Lubay) yang ada di Provinsi Sumbar menjadi pega.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM