Padang Pariaman Kembali Raih Opini WTP


Selasa, 02 Juni 2015 - 18:39:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

 

Penghargaan tersebut diserahkan sekaligus ber­sama dua kepala daerah lain yaitu Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Dari Pa­dang Pariaman dihadiri oleh Bupati Ali Mukhni, Ketua DPRD  Faisal Arifin, Ke­pala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Hanibal dan Inspektur Dewi Ros­laini beserta jajarannya.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumbar Betty Ratna Nuraeny mengatakan bahwa pemeriksaan LKPD 2014 tersebut dengan mem­perhatikan kesesuaian la­poran keuangan dengan stan­dar akuntansi pe­me­rintahan, efektifitas sistem pe­ngen­dalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan pe­run­dangan-perundangan ter­masuk standar profesional akuntan publik.

“Berdasarkan hasil pe­meriksaan LKPD Tahun 2014 maka Padang Pa­ria­man meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian,” kata Betty yang didampingi tim pe­me­riksa. Ia menilai kedisi­plinan pengelolaan keuangan da­erah selama berada di ba­wah ke­pemimpinan Ali Mukhni pantas untuk dipu­jikan dan dipertahankan di masa men­datang.

Bupati Ali Mukhni mem­­berikan apresiasi kepada seluruh aparatur yang telah bekerja optimal sesuai de­ngan peraturan yang berlaku. Ia juga menyampaikan peng­hargaan kepada Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DP­RD) yang telah ber­ko­mitmen dalam pelaksanaan dan pengelolaan APBD se­suai Standar Akuntansi Pe­merintahan (SAP).

Alhamdulillah, atas ri­dho Allah SWT dan doa masyarakat, kita berhasil mem­pertahankan peng­har­gaan opini WTP. Ini adalah nikmat Allah SWT yang luar biasa untuk masyarakat ranah dan rantau,” kata Bupati Ali Mukhni yang jebolan Lemhanas Tahun 2012 itu.

Berdasarkan data sta­tistik, capaian opini WTP ini merupakan yang ketiga kalinya pada kepemimpinan Ali Mukhni. Yang pertama diraih pada tahun 2009 ter­hadap LKPD tahun 2008 saat itu sebagai Wakil Bu­pati. Yang Kedua diraih pada tahun 2013 atas LHP LK­PD 2013 dan di­peng­hujung masa jabatannya pa­da tahun 2015 atas LHP LKPD 2014.

“Penghargaan Opini WTP kali ini adalah sejarah baru bagi Padang Pariaman karena diraih dua kali secara berturut-turut” kata Bupati yang juga meraih Peng­har­gaan BAZNAS AWARD 20­15 baru-baru ini.

Ali Mukhni juga me­nyampaikan terimakasih atas binaan dan arahan dari Kepala Perwakilan  BP­K RI dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Provinsi Su­matera Barat untuk penyajian laporan keuangan daerah yang lebih baik.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Padang Pa­riaman kami sampaikan teri­ma kasih atas binaan dari BPK RI Perwakilan Sumbar dan BPKP Provinsi Sumbar dalam tata kelola secara ter­tib yang taat pada peraturan perun­dang-undangan” kata Bupati ter­sukses di Sumbar itu.

Ketua DPRD Faisal Ari­fin mengatakan ke­ber­ha­silan pemerintah daerah me­raih opini WTP meru­pakan kerja nyata jajaran eksekutif dan legislatif da­lam menjalankan APBD sesuai aturan yang berlaku. Ke depan, ia mengingatkan kepada bupati beserta ja­jaran agar selalu menjalin koor­dinasi dalam pe­nge­lolaan keuangan daerah.

“Kita berkomitmen ke depan untuk meningkatkan kualitas dari Opini WTP yang kita raih. Sekali lagi kami DPRD ucapkan sela­mat atas prestasi yang mem­banggakan ini” kata politisi Partai Golkar itu.

Sementara itu, Kepala DPPKA Hanibal me­nga­takan penghargaan WTP diraih berkat komitmen ja­jaran yang bertekad untuk menyukseskan imple­men­tasi akuntansi berbasis akrual di tahun 2015.

“Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Pene­rapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis A­krual telah kita awali pada tahun 2014 ini meskipun efektifnya tahun 2015 men­datang. Sesuai arahan Pak Bupati, mempertahankan opini WTP merupakan tugas berat seluruh aparatur. Ka­rena Opini WTP sebagai syarat minimum untuk mem­­­beritahukan kepada publik bahwa pengelolaan keuangan telah berjalan se­suai dengan peraturan yang berlaku,” papar Ha­nibal.

Hanibal juga berterima kasih kepada seluruh apa­ratur pengelola keuangan daerah mulai dari SKPD, perangkat kecamatan, na­gari hingga BUMD serta seluruh pihak yang bersama-sama bekerja dan ber­ko­mitmen dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh peng­guna anggaran, KPA,  PPK, PPTK serta bendahara dan seluruh pihak yang turut berperan dalam meraih opi­ni WTP. Tahun depan kita punya target meraih WTP murni” kata Hanibal.

Inspektur Dewi Roslaini mengatakan untuk meraih opini WTP dilakukan upaya peningkatan SDM setiap tahunnya. Baik itu melalui kegiatan bimbingan teknis, sosialisasi maupun pem­bi­naan terhadap pe­nge­lolaan keuangan dan aset daerah. Disamping itu juga telah diberikan kesempatan ke­pada aparatur dalam me­lanjutkan pendidikan S-2 Program Magister Ma­na­jemen Konsentrasi Mana­jemen Keuangan Daerah serta memprioritaskan pene­rimaan CPNS dari disiplin ilmu akuntansi atau akuntan.

Ucapan Selamat

Sesepuh Minang Letjen TNI (Purn) H Azwar Anas ketika dihubungi me­ngu­capkan selamat kepada Pe­merintah Kabupaten Padang Pariaman yang sangat mem­banggakan. Ia menilai di­raihnya penghargaan opini WTP dari BPK RI tersebut membuktikan bahwa pe­nge­lolaan dan penatausahaan keuangan sesuai dengan se­mangat good governance dan clean government.

“Saya bangga dan seka­ligus mengapresiasi kerja keras Bupati Ali Mukhni beserta jajaran yang kembali meraih Opini WTP dari BPK. Penghargaan sebagai bukti komitmen pemerintah bersama DPRD dalam tata kelola keuangan yang baik dan kepatuhan terhadap atu­ran yang berlaku” kata Man­tan Menkokesra dan Mantan Gubernur Sumbar itu.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Kabupaten Padang Pariaman. Ia mengimbau seluruh daerah agar ber­komitmen dalam pe­nge­lolaan keuangan negara se­cara tertib, taat pada pera­turan perundang-undangan dan transparan.

“Kita tahu prestasi opini WTP adalah penghargaan tertinggi dalam pengelolaan keuangan. Saya harap pe­merintah daerah terus me­lakukan pembinaan dan pe­ngawasan dalam pe­nge­lo­laan keuangan secara ber­kelanjutan” kata politisi Partai PKS itu. (h/ded)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 November 2018 - 00:21:20 WIB

    Lagi, Satpol PP Padang Tangkap Dua Pasangan Ilegal

    Lagi, Satpol PP  Padang Tangkap Dua Pasangan Ilegal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Satpol PP Padang menangkap dua pasangan ilegal di salah satu hotel di Padang, Minggu (11/11) dini hari. Petugas menangkap mereka karena tidak bisa memperlihatkan surat nikah..
  • Jumat, 09 November 2018 - 15:00:37 WIB

    Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan

    Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kurang lebih dua hektare sawah terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (2/11). Dinas Pertanian Padang mengatakan, lahan yang terkena banjir itu hanya di Kecamatan Lubuk Kilangan. Dinas akan memberi.
  • Kamis, 08 November 2018 - 10:54:40 WIB

    10 Lesbian yang Ditangkap di Padang Dibina Dinsos

    10 Lesbian yang Ditangkap di Padang Dibina Dinsos PADANG, HARIANHALUAN.COM—Satpol PP Padang telah menyerahkan 10 lesbian ke Dinas Sosial (Dinsos) Padang. Saat ini, Dinsos Padang terus membina para wanita tersebut..
  • Rabu, 07 November 2018 - 16:05:37 WIB

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna meningkatkan indeks literasi masyarakat di Padang, pemerintah kota setempat berencana menghadirkan perpustakaan di warung-warung. Pemko Padang melakukan hal itu juga untuk mendekatkan masyaraka.
  • Rabu, 07 November 2018 - 15:30:39 WIB

    Pemko Padang Didesak Berantas LGBT

    Pemko Padang Didesak Berantas LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) merupakan penyakit masyarakat. Anggota Komisi IV DPRD Padang, Gustin Pramona, mendesak Pemko Padang memberantas LGBT karena sangat tabu..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM