Pemprov Sumbar Kembali Terima WTP


Selasa, 12 Mei 2015 - 19:19:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

 

Hendra mengatakan, untuk penyerahan LHP BPK secara resmi sebagaimana yang diama­natkan dalam undang-undang nomor 15 tahun 2006 tentang BPK, direncanakan pada bulan Juni yang akan datang. “Perlu diberikan penghargaan kepada gubernur. Ini adalah bukti selama masa jabatan telah dilaksanakan dengan baik selama dari tahun 2010 hingga 2015,” ujarnya.

Penilaian opini WTP yang kali ketiga diterima Pemprov Sumbar. Dimulai pada penilaian LKPD 2012 Sumbar menerima WTP dengan catatan, kemudian LKPD 2013 dan LKPD 2014 Pemprov Sumbar menerima WTP penuh. Kebijakan pengelo­laan keuangan daerah ini terlak­sana dengan baik sebagaimana yang tergambar dalam LKPJ akhir masa jabatan gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Dijelaskannya, terhadap ca­paian yang diperoleh tersebut, juga perlu diberikan penghargaan kepada seluruh jajaran dalam melaksanakan pengelolaan keua­ngan daerah sesuai dengan prin­sip. Prinsip yang telah dilak­sanakan tersebut di antaranya prinsip efektabilitas, efisiensi, akuntabel dan transparan.

Catatan Pemprov Sumbar, pada 2009, pengelolaan keuangan Pemprov Sumbar mendapat peni­laian disclaimer dari BPK RI. Namun setelah dibenahi secara bertahap, hasilnya semakin baik terbukti tahun 2010 dan 2011 Sumbar mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Opini yang diberikan BPK tersebut berdasarkan laporan keuangan Pemprov Sumbar ta­hun 2014 untuk diaudit. Sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah telah diubah dengan Perp­pu Nomor 2 tahun 2015 tentang perubahan atas undang-undang 23 tahun 2014.

Pelaporan keuangan tersebut juga berpedoman kepada Un­dang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang pemerikasaan pe­nge­­lolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Bahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk BPK RI tersebut di antaranya, buku laporan keua­ngan pemerintah Provinsi Sumbar tahun 2014 yang berisi laporan realisasi anggaran, neraca, lapo­ran arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Kemudian, buku rancangan peraturan daerah tentang per­tanggung jawaban pelaksanaan APBD 2014 beserta lampirannya. Selanjutnya, buku rancangan peraturan gubernur tentang pen­jabaran pelaksanaan APBD 2014 berserta lampirannya. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.
  • Selasa, 14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB

    Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB

    PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akiba.
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 01:47:17 WIB

    Pemprov Sumbar Segera Selesaikan Izin Nelayan Melaut

    PADANG, HALUAN — Peme­rintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus mengupayakan surat izin melaut bagi nelayan yang mempunyai bagan di atas 30 GT segera diselesaikan. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (D.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:34:49 WIB
    JIKA TERUS TUAI POLEMIK

    Pemprov Moratorium Izin Tambang

    PADANG, HALUAN—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pemberian izin tambang galian C hanya akan diberikan pada perusahaan yang benar-benar taat aturan dan memiliki komitmen untuk pelestarian lingkungan. Jika terus berm.
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:50:04 WIB
    MENUJU WORLD HALAL TOURISM 2016

    Pemprov Rekrut Pemandu Wisata

    Pemprov Rekrut Pemandu Wisata PADANG, HALUAN — Pem­prov Sumbar berencana akan merekrut sejumlah pemandu wisata dengan berbagai macam kemampuan berbahasa, selain Bahasa Inggris. Hal ini untuk menjaga agar wisatawan bisa betah dan tidak kecewa ketika ber.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM