Rekapitulasi Suara di Tingkat PPS Ditiadakan


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:55:46 WIB

Dikatakan juga, perubahan tersebut didasari hasil evaluasi pemilu sebelumnya, yang ber­tujuan lebih meringankan kerja penyelenggara di tingkat PPS. Walau demikian pada peng­hitungan tingkat kecamatan tetap dilakukan oleh PPS, PPK dan perwakilan  anggota Ke­lompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memper­tang­gung­jawabkan hasil yang telah mereka hitung di TPS.

“Jadi, PPS tidak kerja dua kali seperti pada Pilpres dan Pilleg. Yang mana setelah rekap di PPS, mereka harus mengikuti rekap lagi di tingkat kecamatan,” ujar Mantan Ke­tua KPU Kabupaten Solok itu.

Sebelumnya saat evaluasi pemilu di Batam, ia sudah menyarankan supaya re­ka­pitulasi suara itu cukup di­la­ku­kan di tingkat KPU kabu­paten/kota saja. Tidak masalah memakan waktu lama, tapi terfokus di satu titik. Me­nurut­nya menghabiskan waktu satu bulan untuk proses rekap di KPU kabupaten/kota tidak masalah, tapi pekerjaan kan satu kali saja, dan posisi kotak surat suara terfokus di satu tempat jadi pengamanannya pun lebih mudah.

Ternyata usulan Nova ter­sebut ditolak dengan alasan keamanan. Menurut pihak KPU pusat, meletakkan surat suara di satu titik akan lebih sulit mengamankannya, dan resikonya cukup besar. Kalau seandainya terjadi kebakaran kantor KPU tersebut, maka hanguslah seluruh kotak surat suara. Pemilihan terpaksa diulang untuk satu kabupaten.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar Fikon Sikum­bang mengatakan, sebenarnya meniadakan rekapitulasi di tingkat PPS sudah dilakukan pada pilkada 2010 lalu. Ke­mu­dian pada Pilleg dan Pilpres proses rekap di PPS itu di­harus­kan lagi. Nah Pada pil­kada serentak 2015, KPU sudah berkomitmen untuk meniada­kan proses rekap di tingkat PPS. “Maka tugas PPS itu cukup memfasilitasi atau men­dam­pingi KPPS mengantarkan ko­tak surat suara yang telah dire­kap di TPS ke PPK,” ulasnya.

Ketua KPU Sumbar Am­nas­men mengatakan, dalam waktu dekat akan diumumkan pembukaan seleksi PPK, pa­ling lambat 7 bulan sebelum pemungutan suara, atau sekitar Mei. Sementara KPPS di­ben­tuk satu bulan sebelum pe­mungutan suara. Berdasarkan pilkada sebelumnya, Jumlah TPS di Sumbar 13.404 unit. Jumlah tersebut mungkin bisa saja berubah pada untuk pil­kada nanti. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]