Pencarian AirAsia QZ8501 Ditunda 6 Hari


Jumat, 13 Februari 2015 - 19:51:12 WIB

Berdasarkan laporan yang didapat Basarnas, cuaca bu­ruk, yang tergambar melalui kece­patan tiupan angin de­ngan kisaran 35 knots dan arus permukaan laut mencapai lima knot pada lokasi pen­carian, akan berlangsung hing­ga 19 Februari 2015.

Hal ini yang menjadi ala­san Soelistyo mengosongkan kegia­tan penyelaman dan evakuasi jenazah di tengah laut.

Namun, operasi pencarian korban pesawat yang seha­rusnya menerbangi rute Sura­baya-Singapura pada peng­hujung 2014 tersebut akan tetap dilanjutkan ketika kea­daan cuaca membaik, di mana jumlah waktu akan dipu­tuskan melalui rapat eva­luasi.

“Hingga kini, kapalnya saya suruh minggir dahulu, untuk sementara mereka akan me­ngisi ulang bekal logistik kapal,” ucapnya.

Tim SAR masih akan tetap fokus mencari korban untuk dievakuasi dan dikembalikan kepada keluarga, tambahnya.

Sebelumnya, gelombang tinggi serta hujan lebat kerap menjadi penghalang kegiatan Tim SAR akhir-akhir ini.

Sejak tanggal sembilan hing­ga 13 Februari 2015 pen­carian korban tidak dapat dilak­sa­nakan karena kece­patan angin dan arus permu­kaan laut yang tinggi melanda perairan Selat Karimata, Kali­mantan Tengah.

Sementara itu, pada hari ke-47 proses identifikasi, Tim Di­saster Victim Identification (DVI) RS Bhayangkara, Kepo­lisian Daerah Jawa Timur, ber­hasil mengidentifikasi tiga je­na­zah kecelakaan AirAsia QZ 8501. Dua di antara tiga jena­zah tersebut merupakan warga Ing­gris bernama Chi Man Choi dan Natalina Wuntarjo, se­dang­kan satu jenazah lain­nya adalah Anna Widyawati, war­ga Sura­baya, Jawa Timur.

Hingga saat ini, kese­luru­han korban pesawat Airbus 320-200 milik maskapai Air­Asia yang sudah teridentifikasi berjumlah 78 jenazah, dari total 102 jena­zah dan bagian tubuh yang telah diterima RS Bha­yang­kara di Surabaya. (h/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:42:30 WIB

    Pencarian Aviastar Libatkan 299 Personel

    JAKARTA, HALUAN— Pencarian pesawat  Aviastar yang hilang kontak tiga hari lalu, terus dilakukan. Pencarian pesawat rute Masamba-Makassar yang membawa 10 penumpang berikut krunya itu, difokuskandi pedala.

  • Selasa, 13 Januari 2015 - 19:34:07 WIB

    Pencarian Fokus Badan Pesawat

    DPR AKAN BENTUK PANSUS AIRASIA

    JAKARTA, HALUAN — Meski dua bagian black box AirAsia QZ8501 sudah dite­mukan, tim SAR gabungan masih terus melanjutkan pen­carian. Kali ini penca.

  • Ahad, 04 Januari 2015 - 19:41:05 WIB

    Hari Ini, Pencarian Fokus Badan Pesawat dan Kotak Hitam

    BARU 34 JENAZAH KORBAN AIRASIA DITEMUKAN

    JAKARTA,  HALUAN — Jum­lah jena.

  • Kamis, 01 Januari 2015 - 21:17:57 WIB

    Cuaca Buruk Sulitkan Pencarian Korban AirAsia

    JAKARTA, HALUAN — Upa­ya pencarian dan evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 terus dilakukan pi­hak Basarnas. Sudah sem­bilan jenazah hingga Kamis (1/1), ditemukan tim pencari yang berasal dari berba.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]