Salman Gantikan Raja Abdullah yang Wafat


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:50:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Selama lima de­kade ter­akhir, Raja Salman menjabat sebagai Gubernur Riyadh yang dikenal ahli dalam menjaga keseimbangan urusan ulama, etnis dan kepentingan kerajaan yang menentukan kebijakan Saudi, sambil men­jaga hubungan baik dengan negara Barat.

“Saya pikir beliau (Raja Salman) akan melanjutkan reformasi Abdullah. Beliau (Raja Salman) menyadari pentingnya hal ini. Beliau bukanlah seseorang yang kon­servatif, tapi beliau meng­hargai opini konstitusi konservatif negaranya,” sebut Jamal Khas­hoggi, kepala kantor be­rita yang di­miliki pange­ran Saudi, seperti di­lan­sir Reuters, Jum­at (23/1/2015).

“Raja Ab­dul­lah bersedia me­nantang mereka yang konservatif, tapi tidak meng­hancurkan mereka. Salman menghormati status quo.

Be­liau mengingin­kan re­formasi tapi masih sa­ngat terkait dengan mentalitas etnis, dasar konservatif dari konstitusi,” imbuhnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketika Raja Abdullah mulai mengalami masalah kesehatan setelah menjalani operasi di pung­gung, Salman mulai menjadi sorotan karena harus menggantikan posisi kakak­nya sementara.

Salman ditunjuk menjadi putra mahkota Saudi pada Juni 2012 lalu, setelah dua ka­kaknya yang terlebih dahulu menjadi putra mahkota me­ninggal dunia. Sebagai Raja Saudi yang baru, Salman juga menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Per­tahanan Saudi.

Sementara itu, kini setelah Salman menjadi Raja Saudi, Pangeran Muqrin yang merupakan adiknya, ditunjuk menjadi putra mahkota Saudi yang baru. Pangeran Muqrin merupakan anak bungsu yang masih hidup dari mendiang Raja Abdulaziz.

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz meng­hembuskan nafasnya yang terakhir. Abdullah (90) tutup usia karena menderita pneumonia.

Dikutip dari aljazeera.com, Jumat (23/1/2015), Abdullah wafat setelah dirawat selama beberapa minggu di rumah sakit.

Putra Mahkota Salman bin Abdulaziz Al Saud (79) kini resmi Raja Saudi yang baru dan Pangeran Muqrin bin Ab­dulaziz adalah putra mahkota baru.

“Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa meratapi Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pukul 1 pagi pagi ini,” kata televisi pemerintah Arab Saudi. (h/det)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM