Mesir Buka Perlintasan Rafah 3 Hari


Senin, 19 Januari 2015 - 19:41:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pejabat keamanan setempat menuturkan, pembukaan kembali perlintasan Rafah ini akan memberi kesempatan kepada warga dan siswa Palestina, yang terjebak di sisi lainnya untuk melewati perlintasan tersebut untuk masuk ke jalur Gaza.

Terminal perlintasan Rafah ini ditutup oleh otoritas Mesir setelah pengeboman mematikan di Semenanjung Sinai yang menewaskan 30 tentara pada Oktober 2014 lalu. Sejak saat itu, perlintasan ini baru dibuka dua kali.

Militer Mesir selama ini melawan serangan militan di wilayah Sinai, yang juga terletak di dekat perbatasan Israel. Aktivitas militan di Sinai semakin meningkat semenjak penggulingan Mohammed Morsi dari kursi Presiden Mesir pada Juli 2013 lalu.

Militan paling mematikan di Mesir, Ansar Beit al-Maqdis memiliki markas di daerah semenanjung tersebut dan mengklaim sejumlah serangan mematikan terhadap tentara dan polisi Mesir. Pada November 2014 lalu, militan ini menyatakan sumpah setia kepada Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang merajalela di Suriah dan Irak. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2015 - 18:57:51 WIB

    Kabinet Mesir Bubar

    USAI DITERPA SKANDAL KORUPSI

    BAGHDAD, HALUAN — Pemerintah Mesir mem­bubarkan diri setelah ma­rak­nya skandal korupsi yang melibatkan menteri perta­nian Salah al-Din Helal.

  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:46:57 WIB

    Ledakan Bom Guncang Mesir

    2 POLISI TEWAS DAN 24 ORANG LUKA-LUKA

    KAIRO, HALUAN — Ledakan bom mengguncang sebuah bus yang mengangkut sejumlah per­sonel kepolisian Mesir. Se­dikit­nya dua polisi tewas da.

  • Ahad, 17 Mei 2015 - 19:26:00 WIB

    Mantan Presiden Mesir Dijatuhi Hukuman Mati

    KAIRO, HALUAN — Mohammed Morsi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis dan digulingkan militer, dijatuhi hukuman mati.

    Pengadilan Mesir menyatakan Morsi bersalah membocorkan rahas.

  • Kamis, 22 Januari 2015 - 19:36:22 WIB

    Turki dan Mesir Agar Bantu Bebaskan Sandera

    PM JEPANG, SHINZO ABE

    TOKYO, HALUAN — PM Shinzo Abe meminta Pre­siden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Me­sir Abdel Fatah al-Sisi mem­bantu pembebasan dua warga Jepang.

  • Kamis, 15 Januari 2015 - 18:59:06 WIB

    Mesir dan Turki Larang 'Charlie Hebdo'

    KAIRO, HALUAN — Presiden Abdel Fattah al-Sis mengeluarkan dekrit yang melarang peredaran Charlie Hebdo, dan penerbitan asing yang menyerang Islam, di Mesir. Di Ankara, Pengadilan Turki memerintahkan 'pen.

  • BERITA TERKINI Index »

    BERITA TERPOPULER Index »

    KANTOR PUSAT:
    Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
    Email: [email protected]
    APP HARIANHALUAN.COM