BI Perkirakan, PE Kuartal IV 4,9%


Ahad, 18 Januari 2015 - 19:10:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

”Pemerintah banyak melakukan penghematan pada tahun 2014,” ujar Juda pekan lalu. Inilah yang kemudian menjadi penyebab ekonomi Indonesia belum bisa terdongkrak naik pada akhir tahun 2014.

Padahal, bila melihat tahun-tahun sebelumnya ekonomi Indonesia pada triwulan IV seringkali lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya lantaran serapan belanja pemerintah yang melonjak pada akhir tahun. Misalnya pada tahun 2013. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2013 sebesar 5,72%, naik dari posisi pertumbuhan triwulan sebelumnya yang sebesar 5,01%.

Serapan belanja pemerintah pada triwulan IV 2013 tercatat tumbuh 6,45%. Laju pertumbuhan yang berasal dari belanja pemerintah ini meningkat dibanding serapan belanja pemerintah pada triwulan III yang sebesar 4,37%.

Sekedar mengingatkan, pada tahun 2014 pemerintah melakukan sejumlah penghematan anggaran. Penghematan anggaran terjadi pada biaya perjalan dinas, rapat, dan konsinyering dengan nominal mencapai Rp 1 triliun. Pemerintah pun melakukan penghentian realisasi belanja modal apabila hingga akhir Oktober 2014 kementerian/lembaga belum juga melakukan persiapan realisasi proyek.   (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 16:02:46 WIB

    Operasi Zebra di Sawahlunto, Tilang Orang yang Berkendara Sambil Nelpon

    Operasi Zebra di Sawahlunto, Tilang Orang yang Berkendara Sambil Nelpon SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Pengemudi yang berkendara sambil menggunakan handphone (hp) menjadi salah satu dari tujuh prioritas penegakkan hukum (gakkum) pelanggaran lalulintas dalam operasi Zebra 2018. Operasi ini berlangs.
  • Kamis, 27 September 2018 - 08:56:44 WIB
    ICW DESAK BARESKRIM

    KPK Bisa Ambil Alih Kasus SPj Fiktif

    KPK Bisa Ambil Alih Kasus SPj Fiktif PADANG, HARIANHALUAN.COM– Penanganan kasus dugaan korupsi Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif jilid II di lingkungan Pemprov Sumbar sejauh ini belum menemui titik terang di Bareskrim Polri. Jika terus mandek, tidak menutu.
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 12:02:07 WIB

    Kajati Sumbar: Jajaran Intel Bisa Optimal

    Kajati Sumbar: Jajaran Intel Bisa Optimal PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Priyanto melantik dan mengambil sumpah jabatan Teguh Wibowo sebagai Asisten Intel Kejati di Aula Kejati Sumbar, Kamis (9/8)..
  • Rabu, 01 Agustus 2018 - 22:42:27 WIB

    Tepis Kecurigaan, Polresta Solok Tetapkan Biaya Pembuatan SKCK Secara Online

    Tepis Kecurigaan, Polresta Solok Tetapkan Biaya Pembuatan SKCK Secara Online SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Meskipun hasil survei tentang  tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Polres Solok Kota memperoleh nilai  baik. Namun demikian masih saja ada masyarakat yang curiga dengan beaya p.
  • Selasa, 24 Juli 2018 - 20:55:35 WIB

    Sidang Kasus Bakar Mobil di Solok, Edi Cotok Cs Dituntut 7 Tahun Penjara

    Sidang Kasus Bakar Mobil di Solok, Edi Cotok Cs Dituntut 7 Tahun Penjara AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Tiga orang terdakwa yang terlibat dalam kasus pembakaran mobil operasional PT. Hitay Daya Energi, dituntut 7 tahun penjara oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negri Solok. Sidang pembacaan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM