Hizbullah Ancam Balas Serang Israel


Jumat, 16 Januari 2015 - 20:29:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Nasrallah telah mengirim ribuan petempur ke Suriah untuk membantu memper­tahankan pemerintah Suriah.

“Pemboman berulang-ulang yang menghantam target-target di Suriah adalah satu pelanggaran besar, dan kami menganggap bahwa setiap serangan terhadap Suriah ada­lah serangan terhadap seluruh poros perlawanan, tidak hanya terhadap Suriah,” katanya kepada televisi berita Arab yang bermarkas di Beirut.

“Poros itu mampu menanggapinya. Ini dapat terjadi setiap saat.”

Menjawab pertanyaan ten­tang persenjataan Hisbullah, Nasrallah mengatakan kelom­pok itu memiliki “semua sen­jata yang anda dapat bayangkan, dan dalam jumlah yang besar”.

Ia menambahkan: “Kami sekarang lebih kuat ketimbang sebelumnya sebagai satu gerakan perlawanan.”

Narallah mengungkapkan bahwa Hizbullah memiliki rudal-rudal Fateh-110, yang dapat menjangkau minimum 200km , yang dapat meng­hantam seluruh Israel.

Ditanya oleh pewawancara tentang tipe rudal ini, Nasrallah mengatakan: “Kami memiliki jenis rudal ini sejak tahun 2006” — ketika Israel dan Hizbullah terlibat perang.

Angkatan udara Israel me­lan­carkan beberapa serangan terhadap sasaran-sasaran di Suriah, termasuk depot-depot penimmpanan senjata-senjata milik Hizbullah, sejak konflik di sana dimulai hampir empat tahun lalu.

Serangan paling baru ter­jadi Desember, ketika pesawat-pesawat tempur Israel meng­hantam gudang-gudang senjata dekat Damaskus, kata ke­lompok pemantau Observa­torium Suriah untuk Hak Asa­si Manusia (SOHR).

Israel tidak pernah me­ngon­firmasikan bahwa pihak­nya melancarkan serangan-serangan itu, tetapi

Perang Hizbullah dalam musim panas tahun 2006 melawan Israel menewaskan sekitar 1.200 warga Lebanon, sebagian besar warga sipil, dan 160 warga Israel sebagian beesara tentara.

Sementara itu,  Perdana Menteri Turki Ahmet Davu­toglu menyerang Perdana Men­teri Israel  Benjamin Ne­ta­nyahu dengan menya­makannnya dengan serangan teror ke Paris yang mene­waskan 17 orang itu.

Davutoglu menuduh Neta­nyahu melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dia sebut sama dengan orang-orang yang berada di belakang serangan ke Paris pekan lalu itu.

“Netanyahu telah mela­kukan kejahatan terhadap kema­nusiaan yang sama dengan teroris-teroris yang melakukan pembantaian di Paris itu,” kata dia kepada wartawan Turki yang disiarkan televisi setempat.

Davutoglu menunjuk serangan maut Israel pada 2010 terhadap armada kapal bantuan kemanusiaan Turki dan pembantaian di Gaza yang dikuasai Hamas tahun lalu, demikian AFP.(h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM