Mesir dan Turki Larang 'Charlie Hebdo'


Kamis, 15 Januari 2015 - 18:59:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi

"Demi menjaga ketertiban di masyarakat, publikasi ofensif dari luar dapat dilarang oleh pemerintah," demikian Ahram Online.

Dekrit ini dikeluarkan sehari sebelum Charlie Hebdo mengeluarkan edisi khusus dengan gambar sampul Nabi Muhammad mengatakan Je Suis Charlie.

Sebelumnya, Dar el-Ifta -- lembaga keislaman terbesar di Mesir -- mengecam rencana Charlie Hebdo menerbitkan edisi khusus dengan gambar Nabi Muhammad di sampulnya. Menurut ulama besar Mesir, Charlie Hebdo berpotensi menimbulkan kemarahan 1,5 miliar umat Islam di seluruh dunia.

Di Ankara, Pengadilan Turki memerintahan penutupan situs Charlie Hebdo edisi Bahasa Turki yang memperlihatkan kartun Nabi Muhammad.

"Seluruh gambar, kartun, pernyataan, penulisan, dan publikasi, yang bertujuan menistakan Nabi Muhammad dan nilai-nilai agama harus ditutup," demikian perintah pengadilan seperti dikutip kantor berita Anadolu.

Tidak ada penjelasan apakah pemerintah Turki juga akan melarang masuknya cetakan edisi Khusus Charlie Hebdo. Jika itu terjadi, Muslim Turki dipastikan akan marah. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 September 2015 - 18:57:51 WIB

    Kabinet Mesir Bubar

    USAI DITERPA SKANDAL KORUPSI

    BAGHDAD, HALUAN — Pemerintah Mesir mem­bubarkan diri setelah ma­rak­nya skandal korupsi yang melibatkan menteri perta­nian Salah al-Din Helal.

  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:46:57 WIB

    Ledakan Bom Guncang Mesir

    2 POLISI TEWAS DAN 24 ORANG LUKA-LUKA

    KAIRO, HALUAN — Ledakan bom mengguncang sebuah bus yang mengangkut sejumlah per­sonel kepolisian Mesir. Se­dikit­nya dua polisi tewas da.

  • Ahad, 17 Mei 2015 - 19:26:00 WIB

    Mantan Presiden Mesir Dijatuhi Hukuman Mati

    KAIRO, HALUAN — Mohammed Morsi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis dan digulingkan militer, dijatuhi hukuman mati.

    Pengadilan Mesir menyatakan Morsi bersalah membocorkan rahas.

  • Kamis, 22 Januari 2015 - 19:36:22 WIB

    Turki dan Mesir Agar Bantu Bebaskan Sandera

    PM JEPANG, SHINZO ABE

    TOKYO, HALUAN — PM Shinzo Abe meminta Pre­siden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Me­sir Abdel Fatah al-Sisi mem­bantu pembebasan dua warga Jepang.

  • Senin, 19 Januari 2015 - 19:41:26 WIB

    Mesir Buka Perlintasan Rafah 3 Hari

    KAIRO, HALUAN — Otoritas Mesir akan membuka kembali perlintasan Rafah yang merupakan satu-satunya akses keluar-masuk Jalur Gaza. Perlintasan Rafah akan dibuka selama tiga hari mulai hari ini, Selasa (20/.

  • KANTOR PUSAT:
    Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
    Email: [email protected]
    APP HARIANHALUAN.COM