Jepang Sepakati Kenaikan Belanja Militer


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:22:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kenaikan 2,8 persen itu membuat Jepang kini memiliki anggaran miltier sebesar 4,98 triliun yen (42 miliar dolar AS). Situs Jiji Press, mengutip pejabat kementerian pertahanan Jepang, melaporkan anggaran ini adalah rekor baru. “Rekor sebelumnya adalah 4,98 triliun yen, yang dibuat tahun 2002,” ujar pejabat itu.

Anggaran sebanyak itu, masih menurut pejabat kemenhan Jepang, akan digunakan untuk belanja perangkat militer. Saat ini daftar belanja militer Jepang mencakup pembelian 20 pesawat patroli militer P-1 dengan harga 350 juta miliar yen, lima pesawat transport V-22 Osprey, dan enam pesawat tempur siluman teknologi tinggi F-35A.

Jepang juga mengincar armada drone Global Hawk selama lima tahun, dengan pembelian pertama lewat anggaran tahun ini. Belanja lainnya mencakup pembelian 30 kendaraan amfibi, dan satu pesawat peringatan dini E-2D yang berguna melindungi pulau-pulau terluar Jepang.

Jepang juga membutuhkan dana besar untuk merelokasi pasukan AS dari pangkalan mereka di Pulau Okinawa.

Tiongkok dipastikan akan merespon peningkatan belanja militer Jepang dalam waktu dekat. Jepang dan Tiongkok terlibat sengketa kepemilikan Pulau Senkaku, Beijing menyebutnya Pulau Dioayu, di Laut Cina Timur. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 10:32:14 WIB

    Beli Sienta di Auto 2000 Bisa ke Jepang

    Beli Sienta di Auto 2000 Bisa ke Jepang PADANG, HALUAN—Sales Supervisor Auto 2000 Khatib Sulaiman, Padang, Doni Agustra, mengatakan, pembeli yang membeli Toyota Sienta pada Maret—Mei 2017 mendapatkan satu kupon undian yang berhadiah jalan-jalan ke Jepang. Undia.
  • Kamis, 17 September 2015 - 19:46:20 WIB

    Sidang Parlemen Jepang Ricuh

    TOKYO, HALUAN — Kericuhan terjadi di antara para anggota parlemen Jepang yang tengah membahas sebuah RUU keamanan, yang akan memungkinkan pengiriman pasukan militer ke luar negeri untuk pertama kalinya d.

  • Kamis, 06 Agustus 2015 - 19:07:26 WIB

    Jepang Peringati 70 Tahun Pemboman Hiroshima

    HIROSHIMA, HALUAN — Pu­­luhan ribu orang ber­kumpul di Hiroshima untuk memperingati 70 tahun pen­jatuhan bom atom. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan delegasi asing, bersama puluhan ribu orang, be.

  • Kamis, 23 Juli 2015 - 19:28:00 WIB

    Beijing Tuduh Jepang Provokasi Konfrontasi

    BEIJING, HALUAN — Beijing menuduh Jepang memprovokasi konfrontasi dengan merilis gambar aktivitas konstruksi Tiongkok di Laut Cina Timur.

    “Apa yang dilakukan Jepang hanya memprovokasi konfronta.

  • Rabu, 04 Maret 2015 - 19:01:13 WIB

    Konglomerat AS Temukan Kapal Perang Jepang

    MANILA, HALUAN — Konglomerat Amerika Serikat, Paul Allen mengklaim berhasil menemukan kapal perang Jepang era Perang Dunia II. Kapal perang bernama Musashi itu ditemukan di dasar laut Filipina, selang 70.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM