Indonesia Defisit Transaksi Reasuransi


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:07:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dikatakannya, dalam 5 (lima ) tahun terakhir, yakni dari tahun 2009 sampai dengan 2013, rata-rata defisit transaksi re asuransi industri asuransi nasional sebesar Rp5,65 tri­liun. Maka dari itu OJK telah mengeluarkan instruksi kepa­da direksi perusahaan asuransi umum dan perusahaan asu­ransi jiwa untuk menekan defisit neraca pembayaran reasuransi.

“Untuk mendorong opti­ma­lisasi kapasitas reasuransi dalam negeri, kita harus mene­kan defisit neraca pembaya­rawan reasuransi,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk menekan defisit tersebut maka perusahaan asuransi umum diwajibkan menempatkan rea­suransi atas pertanggungan pada lini usaha kendaraan bermotor, kesehatan, kece­lakaan diri, kredit dan surety­ship didalam negeri. Sedang­kan perusaaan asuransi jiwa diwajibkan menempatkan rea­suransi atas pertanggungan pada seluruh lini usaha asu­ransi jiwa didalam negeri.

“OJK akan mendorong dilakukannya penggabungan kapasitas reasuradur dalam negeri (joint capaciy) dalam rangka menekan defisit neraca transaksi reasuransi nasional,” ujarnya.

Joint capacity, kata Fir­daus diharapkan daa mem­bantu dan menahan premi keluar negeri dan mendorong peningkatan serta optimalisasi pemanfaatan kapasitas  dalam negeri secara lebih teratur.

Tahapan joint capacity ter­sebut adalah dengan mela­kukan konsolidasi 4 (empat) IPR, yaitu PT Reasuransi International Indonesia, PT Reasuransi Nasional Indo­nesia, PT Tugu Reasuransi Indonesia dan PT Maskapai Reasuransi Indonesia yang dituangkan dalam sebuah ben­tuk nota kesepahaman (h/lex)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 10:45:05 WIB

    Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar

    Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang dan penegakan hukum tindak pidana pemalsuan uang kepada masyarakat, Pemkab Pasaman Barat dan P.
  • Rabu, 14 September 2016 - 09:01:34 WIB

    Mantan Caleg DPR RI Asal Sumbar ini Diburu Jaksa Seluruh Indonesia. Siapa Dia?

    Mantan Caleg DPR RI Asal Sumbar ini Diburu Jaksa Seluruh Indonesia. Siapa Dia? Dengan status buron yang disandangnya, pengejaran Azhar Latif tak hanya dilakukan oleh jaksa di lingkungan Kejati Sumbar, namun oleh seluruh jaksa yang ada di Indonesia. Dia juga masuk ke dalam pengawasan tim Adhyaksa Monitor.
  • Senin, 30 November 2015 - 18:48:50 WIB

    Daihatsu Sirion Cocok untuk Sahabat Muda Indonesia

    JAKARTA, HALUAN — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merk (APM) Daihatsu di Indonesia tahun 2015 ini kembali menggelar Sirion Dress Up Challenge.

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini i.

  • Senin, 16 November 2015 - 19:36:30 WIB

    BII Jadi Maybank Indonesia

    JAKARTA, HALUAN — Jika sebelumnya An­da adalah nasabah BII, jangan kaget ketika bank tempat Anda bi­asa menabung dan me­lakukan transaksi keu­angan tersebut berubah nama.

    Ini karena BII resmi.

  • Senin, 09 November 2015 - 18:19:47 WIB

    Indonesia-Australia Perdalam Hubungan Dagang

    JAKARTA, HALUAN — De­legasi terbesar para menteri dan pemimpin bisnis Aus­tralia akan berkunjung ke Indonesia pada 17–20 No­vember untuk mengikuti Pekan Bisnis Indonesia–Australia (IABW) 2015.

    .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM