Harga Pinang Untungkan Petani


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:06:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Ini merupakan harga yang masih menguntungkan untuk komoditi pinang. Muda­huda­han kenaikan seperti pada tahun 1999 di masa peme­rintahan Habibie terulang lagi,” ujar Irul (30) Selasa (13/1), petani pinang di Kampung Tebing Tinggi Kambang, Keca­matan Lengayang.

Di tahun 1999 menurut Irul, harga tertinggi yang per­nah ia peroleh terhadap pi­nangnya sebesar Rp11 ribu. “Meski sekarang harga pinang belum menyamai harga tahun 1999, tapi setidaknya sudah mendekati harga tersebut. Mudah mudahan harga ini bertahan,” kata Irul lagi.

Sementara Idos (30) yang berprofesi sebagi touke di Kambang mengatakan, ia me­mang berani mengambil sehar­ga Rp7.000 per kilogram pinang. Harga tersebut meru­pakan harga terendah untuk kualitas pinang nomor dua dengan kadar air paling ba­nyak 7 persen.

“Sementara jika kadar air dibawah 5 persen ia akan mem­beli dari petani seharga Rp8.000. Jadi harga pinang memang bervariasi, tergantung kualitas pinang dimaksud,” kata Idos.

Dari pembelian tersebut, ia bisa hanya mengambil keuntu­ngan beberapa persen setiap kilonya. “Saya menjual pinang di Padang seharga Rp9.000 saja. Keuntungan itu telah bisa menutup biaya operasional saya dan ongkos angkut ke Padang,” kata Idos lagi.

Sementar terkait dengan penyebab kenaikan harga pinang tersebut, Idos menye­butkan, saat ini permintaan komoditi pinang sangat tinggi, sementara produksi pinang dari petani sangat sedikit. Kemudian menurutnya penye­bab kedua adalah, tidak terjadi lagi monopoli pembelian ko­moditi pinang di Padang.

“Jadi yang menguasai pasar pinang di Padang tidak lagi orang India, akan tetapi sudah banyak pemain lokal, dengan demikian harga pinang dengan sendirinya naik,” ungkap Idos menjelaskan soal kenaikan harga.

Sementara itu, warga di mudik Surantih, Sutera yang selama ini hanya merawat gambir saja kembali serius merawat pinang. Selama ini buah pinang dibiarkan saja jatuh ketanah tanpa dipungut karena harganya murah. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 10:13:44 WIB

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar menyita sejumlah paket sabu yang harganya mencapai ratusan juta. Satu pengedar terpaksa ditembak karena melawan petugas dengan mengg.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 18:08:51 WIB

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Kepala Kepolisian Resor Solok Kota, AKBP Dony Setiawan SIK MH memberikan penghargaan kepada personel Polres Solok Kota yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam penanganan bencana.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 19:20:52 WIB

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar PADANG, HALUAN – Tiga Kepala Sat Reserse Narkoba (Kasat Resnarkoba) mendapat penghargaan dari Polda Sumatera Barat atas prestasinya dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Sumatera Barat. .
  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:52:28 WIB

    Harga Cabai dan Telur Kian Merangkak Naik

    PADANG, HALUAN — Hampir satu pekan belakangan, harga bahan pokok sembako khususnya cabai merah mulai merangkak naik. Tidak hanya itu, kenaikan harga bahan pokok ini disusul oleh harga telur ayam yang saat ini juga naik.<.

  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:51:40 WIB

    Harga Emas Terus Turun

    PADANG, HALUAN – Harga emas terus menunjukkan pergerakan ke bawah atau terus turun. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinvestasi dengan membeli emas.

    Pantauan Haluan, Selasa (1/12) di .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM