Jalur Pemasaran Asuransi Mikro Diperlebar


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:10:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Selain perusahaan pem­biayaan, wasit industri keua­ngan ini akan mendorong lembaga keuangan mikro (LKM) untuk menjual pro­duk asuransi yang murah meriah ini. Dengan begitu, jalur pemasaran asuransi mik­ro bisa lebih luas menjangkau masyarakat segmen ke bawah yang ingin membeli polis proteksi.

Lantaran sifat produknya yang relatif sederhana, Fir­daus menilai, LKM tidak akan kesulitan. Ini berbeda halnya dengan produk asuransi ko­mer­sial yang memang butuh petugas yang lebih paham tentang dunia asuransi, di­sertai proses persetujuan polis lebih panjang.

Di saat yang sama, langkah ini pun bisa memudahkan perusahaan asuransi. Karena perusahaan asuransi tidak harus merogoh koceknya dalam-dalam membuka ca­bang baru demi meluaskan jaringan untuk menjaring nasabah.

Bila dilihat dari sisi premi, lini bisnis asuransi mikro memang kontribusinya masih kecil karena tarifnya yang mini. Namun demikian, pe­nam­bahan jumlah nasabah akan berdampak terhadap kenaikan penetrasi industri asuransi.

Dalam dua tahun ke de­pan, OJK menargetkan jum­lah pemegang polis asuransi mikro bisa mencapai 10 juta orang. Sampai saat ini, jumlah pemegang polis asuransi baru mencapai 5 juta nasabah. Padahal, potensi nasabah asuransi mikro bisa mencapai 77 juta jiwa.

Begitu juga dari sisi penet­rasi asuransi di dalam negeri. Melalui asuransi mikro ini, diharapkan angka penetrasi asuransi bisa mencapai 5% dalam 10 tahun ke depan dari saat ini yang baru 1,7%.

Hal ini diamini Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indo­nesia (AAJI) Hendrisman Rahim. Potensi peningkatan penetrasi dan tertanggung asuransi menjadi manfaat yang bisa didapat dari asuransi mikro.

Meski pun dari sisi premi, menurut Hendrisman, nilai­nya belum cukup besar bila dibandingkan total premi yang diraih industri asuransi. “Mungkin premi asuransi mik­ro bersama baik dari asuransi umum maupun asu­ransi jiwa pada tahun ini mencapai Rp 1 triliun,” kata­nya.

Pada akhir tahun lalu, OJK bersama dengan asosiasi asuransi jiwa, umum dan syariah merilis produk mikro bersama. Adapun produk mikro bersama yang dilun­curkan adalah Warisanku, Rumahku, Stop Usaha Erupsi, Stop Usaha Gempa Bumi, Asuransiku, Asuransi Mikro Penuh Cinta alias si Peci dan Asuransi Mikro si Bijak.  (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM