Jangan Tergiur Calo Dana Desa


Senin, 12 Januari 2015 - 19:45:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Inilah yang saya kha­watirkan. Sejak Dana Desa gencar kita sosialisasikan, sebe­narnya saya sudah men­dengar mulai marak terjadi penipuan dengan iming-iming bisa mencairkan dana desa,” ungkap Marwan, di Jakarta, Senin (12/1).

Menurut Marwan, pada beberapa kesempatan pi­hak­nya juga telah mengan­tisipasi kejadian itu. Ca­ranya, dengan mengingatkan para kepala desa untuk tidak tergo­da oknum yang mengaku bisa mencairkan dana desa.

Dalam kesempatan ini, Marwan mengaku sudah men­dengar kabar mulai maraknya calo dana desa di sejumlah Provinsi. Bahkan, para calo itu disinyalir meraup keuntungan hingga Rp 15 juta per desa.

“Jadi, saya kembali mengi­ngatkan kepada para Kades (kepala desa) untuk tidak tergoda dengan oknum-oknum yang mengaku bisa mencairkan dana desa. Saya berharap tidak ada lagi kasus serupa di desa yang lain,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk mencairkan dana desa, para kepala desa tidak perlu melalui perantara. Tetapi, yang harus dilakukan para kepala desa adalah menyusun RPJMDes dan RKPDes sebagai syarat mutlak pencairan Dana Desa yang rencana akan mulai dicair­kan pada April.

“Itu (RPJMDes dan RK­PDes) yang harus ada, gak usah tergoda dengan janji-janji ok­num, yang terpenting RPJ­MDes dan RKPDes ada kita pasti cairkan. Nanti April kita cairkan, gak usah khawatir gak dapat,” tandas Marwan.

Marwan juga meminta pada kepala daerah untuk melapor jika ada kejadian semacam ini.

“Laporkan kepada saya. Di kementerian kita sudah me­miliki Call Centre, silahkan mela­por ke 1500040,” tu­tupnya. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 19:49:13 WIB

    Bupati Hendrajoni: Jangan Menjelek-jelekkan, UU ITE Berbicara

    Bupati Hendrajoni: Jangan Menjelek-jelekkan, UU ITE Berbicara PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni, melakukan klarifikasi dengan sejumlah media, terkait tidak memenuhi surat pemanggilan yang dilayangkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumbar.
  • Rabu, 26 September 2018 - 20:43:40 WIB
    BAWASLU DIMINTA BERTINDAK

    Soal Video Bupati Pessel, Kubu Prabowo: Jangan Memancing Kisruh

    Soal Video Bupati Pessel, Kubu Prabowo: Jangan Memancing Kisruh Terkaitt videonya yang beredar, Hendrajoni belum memberikan penjelasan secara panjang lebar. Hendrajoni belum menjelaskan di mana dan kapan kegiatan penyerangan bantuan tersebut berlangsung.  Namun, ia membantah bantuan ters.
  • Selasa, 18 September 2018 - 01:24:03 WIB
    MESIN POLITIK KIAN PANAS JELANG PILPRES

    PDI Perjuangan Minta Kepala Daerah di Sumbar Jangan Ragu Tentukan Pilihan

    PDI Perjuangan Minta Kepala Daerah di Sumbar Jangan Ragu Tentukan Pilihan Dukungan tersebut dianggap realistis di tengah kian memanasnya mesin politik jelasng Pilpres 2019. Jokowi, menurut Alex memang memiliki perhatian penuh kepada Sumbar. Perhatian itu bukan disebabkan karena pada Pilpres 2014 Jo.
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 12:02:42 WIB

    Silaturahmi Jangan Sampai Rusak, Pertahankan Pilkada Badunsanak

    Silaturahmi Jangan Sampai Rusak, Pertahankan Pilkada Badunsanak PADANG, HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang  mengharapkan,  tim sukses, relawan dan pendukung  calon Walikota dan Wakil Walikota Padang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 lebih menonjolkan program yang diusung kand.
  • Selasa, 19 September 2017 - 17:43:01 WIB

    Hasto: Cakada Jangan Terjebak Permainan Investor Politik

    Hasto: Cakada Jangan Terjebak Permainan Investor Politik Keberadaan investor politik, menurut Hasto, sebenarnya merupakan jebakan kepada kepala daerah. Mau tidak mau, atau dengan alasan balas budi, kepala daerah akhirnya terpaksa mengikuti maunya sang investor. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM