KPU Riau Minta Dana Hibah Rp4,2 Miliar


Senin, 12 Januari 2015 - 19:28:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin Nahar mengungkapkan, pihaknya sebelumnya sudah mengusulkan dan memerlukan dana senilai Rp1,6 miliar untuk persiapan pilkada empat daerah di Riau dengan acuan pilkada tak langsung.

Kemudian, Ketua KPU Nurhamin Nahar menyebutkan, KPU Riau mengajukan anggaran sebesar Rp4,2 miliar untuk tahapan persiapan pelaksanaan Pilkada empat daerah di Provinsi Riau. Nurhamin mengakui, ada perbedaan dengan angka sebelumnya yang disebutkan Rp1,6 miliar menjadi Rp4,22 miliar. “Karena disesuaikan dengan perkembangan dinamika yang untuk mendukung keperluan Pilkada langsung,” terangnya.

Disebutkannya, dalam anggaran Rp1,6 miliar itu juga tidak termasuk anggaran untuk pembangunan kantor dan pembelian mobil dinas lima Komisioner KPU Riau. “Kemudian, juga anggaran yang diperlukan untuk melakukan bimtek dan kunjungan lapangan ke Kabupaten/Kota se-Riau,” jelas Nurhamin Nahar.

Meski demikian, Nurhamin menegaskan, anggaran Rp4,2 miliar bisa dirasionalisasikan lagi sesuai kebutuhan riilnya dan termasuk kembali melihat anggaran yang tidak tumpang tindih dengan APBN. “Dan kalau bisa diselipkan di APBD murni 2015 ini, namun kalau tidak dikabulkan, juga tidak masalah, asalkan dikordinasikan seperti kendaraan dinas yang akan di pinjampakaikan,” sebut Nurhamin.

Dilajutkannya, KPU Riau juga tidak ingin penggunaan anggaranya tumpang tindih dengan dana dari APBN. Untuk itu, sebelum digunakan KPU akan berkoordinasi dengan BPKP.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Riau, Suhardiman Amby menyatakan, anggaran KPU itu sangat penting untuk suksesnya Pilkada empat daerah di Riau. “Untuk itu anggaranya akan di perjuangkan di APBD-P 2015. Karena dalam APBD murni 2015 tidak mungkin lagi, itu akan masukan dalam perubahan yang mulai kita bahas Maret nanti,” jelasnya.

Jika dimasukan dalam Maret mendatang, KPU Riau masih memiliki waktu sekitar lima bulan untuk melak­sanakan sosialisasi. “Dan atau bimtek dan kegiatan lain-lainnya untuk persiapan pelaksanaan pilkada di empat daerah tersebut,” tegas Suhardiman.

Politisi Hanura ini menyebutkan, nilai yang diajukan KPU Riau tersebut akan dikaji lagi di tingkat Komisi A DPRD Riau. “Karena kegiatan yang sifatnya mendesak akan diprioritaskan dan program yang tumpang tindih dengan anggaran APBN juga akan kita keluarkan,” pungkas Suhardiman. (hr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 Maret 2016 - 11:07:41 WIB

    KPU Kembalikan Rp2 Miliar ke Pemko Dumai

    DUMAI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai segera kembalikan uang ke kas daerah Kota Dumai sekitar Rp2 miliar, setelah sejumlah kegiatan di­mini­malisir selama pemilihan kepala daerah Dumai berlangsung..
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 02:37:36 WIB

    KPU Lingga: Bupati Terpilih Dilantik Januari 2016

    LINGGA, HALUAN — Rencananya, pelantikan bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 Kabupaten Lingga, dilaksanakan Januari 2016 men­datang. Hal tersebut tergantung proses pada tahapan di pelaporan gubernur.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM