Sido Muncul Kerjasama dengan Pertuni


Ahad, 11 Januari 2015 - 18:49:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Penandatanganan ker­jasa­ma dilakukan oleh   Direk­tur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat  dan Direktur  Venancia Sri Indrijati bersama Ketua  Dewan Pembina Per­tuni  Mohamad Hasan dan Ketua Umum Pertuni Aria Indrawati di Sekretariat PB  PASI Stadion Madya Senayan Jakarta, Kamis (8/1).

Kerjasama  Sido Muncul  dan Pertuni  diprakarsai oleh Ketua Pembina Pertuni  Mo­hamad Hasan yang lebih akrab dipanggil Bob  Hasan akan dilakukan  di pabrik  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk di jalan Soekarno- Hatta KM 28 Ber­gas, Klepu , Semarang.

Selanjutnya para anggota Pertuni  yang sebagian besar  berasal  dari pedesaan  akan melakukan  budidaya penana­man  obat di lahannya sendiri dengan pendampingan dari Sido Muncul dimana hasilnya nanti dapat dijual ke Sido Muncul yang langsung dikum­pulkan  dan dikordinasi oleh Pertuni.

Menurut  Irwan  Hidayat Tanaman  yang dibudida­ya­kan akan disesuaikan  dengan kondisi daerah  tempat ting­gal  anggota Pertuni dan kebu­tuhan bahan baku  Sido Mun­cul.  Selain itu,  untuk budi daya tanaman obat  bagi para anggota Pertuni, akan diberi­kan  tanaman  yang mudah untuk diketahui dari bau tana­mam itu sendiri seperti ken­cur, jahe, sereh, kayu manis.

Kerjasama ini  kata Irwan merupakan  bentuk kepe­dulian  Sido Muncul  de­ngan  masyarakat sekitar agar  tunanetra diberikan kesem­patan  yang sama seperti mas­yarakat pada umumnya, se­perti program   pemberda­yaan  Desa Rempah yang telah dilakukan  Sido Muncul bagi  masyarakat desa untuk me­man­fatkan dan memaksi­mal­kan lahan  yang sudah ada se­perti lahan kosong, lahan tidak produktif atau lahan produktif yang memung­kin­kan tum­pangsari dengan mem­budida­yakan tanaman obat yang memiliki nilai ekonomi.

Sebagai  gambaran  me­nurut  Kepala Bagian Budi­daya Tanaman Obat PT In­dustri Jamu dan Farmasi  Tbk  Bambang Supartoko, kebutuhan jahe dan kunyit cukup besar. Permintaan ter­besar datang dari pabrik jamu. Sido Muncul misalnya, setiap bulannya membutuhkan 60 ton kunyit segar, 10 ton kunyit kering, 40 ton jahe segar, dan 10 ton jahe kering. (h/atv)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 16 Oktober 2015 - 19:21:03 WIB

    Sido Muncul Gelar Temu Grosir

    JAKARTA, HALUAN — Sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada para mitra kerjanya yang telah membantu memasarkan produk-produk Sido Muncul di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, Sido Muncul meng.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM