Kemenaker Berantas Calo TKI Liar


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:12:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Aturan baru ini mem­berantas keberadaan calo TKI liar, sekaligus mencegah pe­nem­patan TKI ilegal dan meng­hentikan pemalsuan iden­titas calon yang sering dilakukan calo TKI,” Kata Hanif saat mengunjungi kan­tong TKI di Desa Serangwetan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (9/1).

Dalam  keterangan pers Pusat Humas Kemnaker di Jakarta, Hanif mengaku salah satu masalah yang dialami para TKI di luar negeri umumnya bersumber dari proses rekruit­men di dalam negeri. Pembe­nahan mekanisme di daerah asal merupakan solusi perlin­dungan terhadap para TKI.

“Dalam aturan baru ter­sebut, para calo TKI atau petugas rekrut harus diangkat sebagai karyawan resmi peru­sahaan pengerah TKI atau (Pelaksana Penempatan Ten­a­ga Kerja Indonesia Swasta /PPTKIS) yang dilengkapi su­rat pengangkatan/surat kon­trak,” terangnya.

Selain mencari calon TKI yang hendak bekerja di luar negeri, para petugas rekrut harus dilengkapi surat tugas dan identitasnya tercatat seca­ra resmi di dinas Ketenaga­kerjaan setempat. Petugas PPTKIS  itu pun dilarang memungut biaya rekrut ke­pada calon TKI.

“Karyawan PPTKIS bersa­ma-sama dengan pegawai di­nas kabupaten/kota melaku­kan rekrut calon TKI yang terdaftar di dinas kabupaten/kota. Oleh karena itu, pencari kerja yang berminat bekerja di luar negeri harus mendaftarkan diri pada dinas kabupaten/kota dengan tidak dipungut biaya,” kata Hanif.

Tak sedikit TKI yang ter­giur dan tertipu oleh sponsor TKI liar sehingga rawan men­jadi TKI ilegal dan menjadi korban perdagangan manusia. Apalagi banyak sponsor yang menawarkan calon TKI de­ngan gaji yang besar tanpa melalui prosedur resmi.

Ia meminta para calon TKI dan keluarganya jangan tergiur bujuk rayu para calo-calo TKI liar yang tidak bertanggung jawab. Lebih baik calon TKI mengikuti tata cara dan aturan penempatan TKI secara resmi melalui PPTKIS resmi dan dinas-dinas ketenagakerjaan setempat. (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM