Al-Qaeda Rencanakan Serangan Spektakuler di Inggris


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:12:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Lebih lanjut Parker memperingatkan, hampir dipastikan jika serangan di Inggris akan sukses dilakukan cepat atau lambat. “Walau kita dan para mitra berusaha yang terbaik, kita tahu tidak dapat menghentikan semuanya,” kata Parker.

Parker yang baru dua kali mengeluarkan pernyataan, sejak menjabat pada April 2013, memperingatkan bahwa Inggris menghadapi berbagai plot yang rumit dan ambisius, menyasar jaringan transportasi dan bangunan-bangunan pen­ting.

Pada saat yang sama, para pendukung fanatik Al-Qaeda di Inggris juga ingin meniru mentah-mentah serangan yang dilakukan di luar negeri, da­lam beberapa bulan terakhir. Tak­tik gerilya dilakukan dengan menyerang tiba-tiba di wilayah publik lalu bersembunyi.

Tidak seperti plot pe­ngeboman yang melibatkan pembelian berbagai pe­rangkat, taktik gerilya sulit dideteksi oleh aparat keamanan. Parker menyebut setidaknya ada tiga rencana serangan besar telah digagalkan, dalam beberapa bulan terakhir.

Sebanyak 600 orang warga Inggris telah pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS, dan 300 di antaranya sudah kembali ke Inggris. “Kami membutuhkan lebih banyak bantuan dari publik dalam situasi seperti ini,” ucapnya.(h/vvn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM