Dinas Pertanian Segera Cek ke Lapangan


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:02:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kendati demikian, Edi tetap meminta kepada para petani untuk bisa bersabar sampai solusi dan perbaikan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Sebagaimana diketahui, dalam pemeritaan Haluan kemarin disebutkan, saluran irigasi yang terletak di Nagari Salimauang, Kabupaten Tanah Datar, kondisinya sudah mulai mengkhawatirkan. Irigasi yang biasa digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah­nya ini, ternyata sudah mulai mengalami kerusakan. Aki­bat­nya, puluhan hectare lahan pertanian warga terancam ga­gal panen.

Kebocoran ini juga terjadi di Jorong Minang Jaya, Nagari Minangkabau, Kecamatan Su­ngayang. Saat ini, sebagian petani yang kesulitan air masih bisa menyuplai menggunakan pompa dari kepala banda ter­sebut. “Di Kelompok Tani Sawah Balai ini terdapat 300 hektare lebih areal sawah, sebagian petani mulai me­nyuplai air dari bandar ter­dekat menggunakan mesin pompa air. Kendala kami pun disebabkan tidak baiknya salu­ran irigasi di kepala banda karena sudah beberapa tahun rusak,” sebut Sekretaris Keltan Sawah Balai, Nagari Minang­kabau, Chandra Antoni ke­pada Haluan, Jumat (9/1) di Batusangkar

“Se­lain persoalan irigasi yang tidak baik, kami juga disu­litkan dalam mendapatkan pupuk, banyak petani yang tidak berhasil mendapatkan pupuk subsidi itu, di kios-kios pupuk selalu tidak mencukupi kebutuhan para petani,” pung­kas Anton. (h/fma/hel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:06:42 WIB

    DPRD Sumbar Imbau Forkopimda Tingkatkan Kordinasi

    DPRD Sumbar Imbau Forkopimda Tingkatkan Kordinasi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Hendra Irwan Rahim mengimbau forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) untuk terus meningkatkan kordinasi. Menurutnya upaya tersebut dapat berd.
  • Jumat, 18 Mei 2018 - 10:38:04 WIB

    Gubernur Lantik Kalaksa, BPBD Sumbar Diminta Jaga Koordinasi

    Gubernur Lantik Kalaksa, BPBD Sumbar Diminta Jaga Koordinasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Selain menjaga kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar diminta terus berkoordinasi intens dengan lembaga dan instansi terkait lain dalam hal kebencanaan. .
  • Kamis, 25 Januari 2018 - 01:33:52 WIB

    16 Lurah Kota Pariaman Terima Motor Dinas

    16 Lurah Kota Pariaman Terima Motor Dinas PARIAMAN, HALUAN – 16 lurah di Kota Pariaman menerima kendaraan roda dua untuk menunjang kelancaran tugasnya. Penyerahan kendaraan dinas ini dilaksanakan di Kantor Camat Pariaman Tengah, Rabu (24/1). Penyerahan kendaraan ro.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:34:02 WIB
    LAKUKAN CEK FISIK

    122 Kendaraan Dinas Dikandangkan

    122 Kendaraan Dinas Dikandangkan PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang kembali mengandangkan seluruh kendaraan dinas milik Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di halaman Balai Kota setempat. Pengandangan kendaraan dinasi ini sudah .
  • Selasa, 28 November 2017 - 02:15:28 WIB

    Dinas Kebudayaan Gelar Lomba Baca Puisi

    Dinas Kebudayaan Gelar Lomba Baca Puisi PADANG, HALUAN—Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang bertepatan 9 Februari mendatang, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat menggelar acara Pra HPN berupa kegiatan lomba baca puisi jurnalis tingkat Sek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM