PDIP Bisa Jadi Rujukan Kaderisasi


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:39:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menurut Haryadi, ini rele­van, setidaknya untuk me­ngatasi kecenderungan prag­matisme partai politik di Indo­nesia. Sudah barang tentu ketika sekarang PDI Perjua­ngan menjadi partai yang me­me­rintah, niscaya pola per­juangan dan strategi perjua­ngannya berbeda dengan saat dulu menjadi partai oposisi.

“Sebagai partai yang me­merintah, tentu ini menjadi momentum bagi PDI Per­juangan untuk meng­ope­ra­sionalkan ideologi nasio­nalis­me kewargaan/keIndonesiaan menjadi ideologi yang bekerja. Tak cukup ideologi itu ber­henti pada level retorik, tapi harus operasional dalam ben­tuk alternatif-alternatif kebija­kan yang berorientasi publik warga-negara,” ung­kapnya.

Senada dengan Haryadi, pengamat politik dari Lem­baga Ilmu Pengetahuan In­donesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, PDI Perjuangan seharusnya lebih berani men­jadi rujukan sebagai partai yang sukses melakukan kaderisasi di internal.

“Sudah saatnya PDIP me­nunjukkan sebagai partai yang bisa dijadikan rujukan. PDIP sudah relatif berhasil, kader­nya bagus-bagus, sukses me­rekrut kepala daerah yang orangnya yahud,” kata Siti kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/1).

Menurut Siti, kesuksesan PDIP melakukan kaderisasi itu bisa terlihat dengan mun­culnya kader-kader seperti Presiden Joko Widodo, Gu­ber­nur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan lainnya. Selan­jutnya, PDIP harus terus me­negaskan po­sisinya sebagai partai yang dekat dengan rakyat kecil.

Ketegasan itu, jelas Siti, dapat dilakukan dengan terus menjunjung tinggi ajaran Bung Karno agar Indonesia ber­daulat di bidang politik, ber­dikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang bu­daya. “Tegaskan sebagai partai wong cilik, karena partai lain tak seperti PDIP,” ujar Siti.

Untuk diketahui, PDIP didirikan pada 10 Januari 1973 dengan nama Partai De­mokrasi Indonesia (PDI). PDI merupakan hasil fusi dari lima partai, yakni Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Kristen Indonesia, Par­tai Musyawarah Rakyat Ba­nyak, dan Partai Ikatan Pen­dukung Kemerdekaan Indo­nesia. (*/mdk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Oktober 2018 - 10:22:20 WIB

    Caleg DPR RI Bersaing Ketat, Pengamat: Sumbar Tetap Berat bagi PDIP dan PKB

    Caleg DPR RI Bersaing Ketat, Pengamat: Sumbar Tetap  Berat bagi PDIP dan PKB PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Edi Indrizal menilai, akan terjadi persaingan ketat dari bakal calon legislatif pemilu 2019 di Sumbar..
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 21:13:32 WIB

    Kapitra Ampera  Bantah Jadi Caleg dari PDIP

    Kapitra Ampera  Bantah Jadi Caleg dari PDIP JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pengacara Habib Rizieq Shihab, Muhammad Kapitra Ampera membantah mengajukan diri menjadi calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). .
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 20:32:47 WIB

    Hasto: Pengacara Rizieq dan Pendiri PKS Nyaleg di PDIP

    Hasto: Pengacara Rizieq dan Pendiri PKS Nyaleg di PDIP JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Berbagai kejutan yang menggemparkan publik terjadi di kancah dunia politik, sekaitan pendaftaran calon anggota legislatif dari sejumlah partai ke KPU pada hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7)..
  • Rabu, 21 September 2016 - 02:04:30 WIB

    PDIP Resmi Usung Ahok-Djarot di Pilgub DKI

    PDIP Resmi Usung Ahok-Djarot di Pilgub DKI JAKARTA, HALUAN — Setelah melalui dinamika yang panjang akhirnya PDIP mengambil keputusan soal pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta. PDIP akhirnya mengusung duet Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat di .
  • Selasa, 06 September 2016 - 04:07:11 WIB

    PDIP Payakumbuh Usung Suwandel

    PDIP Payakumbuh Usung Suwandel PAYAKUMBUH, HALUAN — Dewan Pimpinan cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Payakumbuh memastikan untuk mengusung Suwandel Mukhtar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh, 2017 mendatan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM