Hatta Bisa Bernasib Seperti Soetrisno


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:39:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dia mengatakan, Amien mendesain agar Soetrisno Bachir lengser dari ketum digantikan oleh Hatta. Saat ini, lanjut dia, Amien ingin Hatta lengser digantikan Zulkifli Hasan.

“Ini sudah pernah dilaku­kan terhadap Soetrisno Bachir ketika menjadikan Hatta (ke­tum), sekarang dia lakukan ke Hatta untuk Zulkifli. Sebuah permainan konflik ke­penting­an,” kata Obsatar dalam pesan singkat, Kamis (8/1).

Obsatar menilai wajar se­kali jika Amien lebih men­dukung Zulkifli jadi ketua umum. Me­nurut dia, Amien masih ingin terlihat sebagai penentu di PAN. “Secara ma­nu­siawi, itu wajar, kalau tidak salah Zulkifli kan besan Amien Rais. Tapi secara kultur politik Amien Rais selalu saja ingin menunjukkan bahwa dirinya adalah penentu PAN,” imbuhnya.

Obsatar merasa bisa saja jika Hatta di kongres nanti mengalahkan Zulkifli Hasan. Sebab dia menilai, Hatta punya kekuatan yang besar di PAN ketimbang Zulkifli.

“Namun begitu di PAN, ada mekanisme suara yang sangat besar, di mana setiap cabang ikut memilih, berarti sepanjang Hatta bisa bermain ‘cantik’ saya kira peluangnya besar. Apalagi Zulkifli tidak terlalu unggul di PAN dalam prestasi. Namun bisa saja nanti Amien Rais memainkan peran untuk mengebiri Hatta dengan menyebutkan bahwa tidak ada budaya dua kali di PAN,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPP PAN Taslim Chaniago, juga men­dukung keinginan Amien Rais untuk regenerasi ke­pemim­pinan di tubuh PAN. Menurut dia, regenerasi pen­ting dalam rangka kaderisasi partai agar tetap jalan. “Me­nurut saya apa yang disampai­kan Pak Amien sudah sangat tepat dalam rang­ka regenerasi dan kesinam­bungan peng­kaderan di par­tai,” kata Taslim, Kamis (8/1).

Taslim mencontohkan, se­o­rang tokoh senior seperti Amien Rais juga memimpin PAN hanya dalam satu periode saja. Selama ini, kata dia, ketua umum PAN memang hanya satu periode sejak berdiri. “Selama ini belum ada ketum itu yang dua periode termasuk Pak Amien sendiri selaku pendiri partai,” tegas dia.

Taslim menilai, sosok Zul­kifli Hasan cocok untuk meng­g­antikan Hatta Rajasa menjadi ketua umum. Bahkan menurut dia, kemampuan Hatta dan Zulkifli tidak beda jauh.

“Kalau dilihat dari peng­kaderan dan pengalaman di legislatif maupun eksekutif, Pak Zul dan Pak Hatta sudah sama dan tidak perlu diragukan lagi sama-sama pernah jadi menteri, sama-sama pernah jadi ketua fraksi dan sekjen partai,” terang mantan anggota Komisi III DPR ini. (/*mdk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Maret 2015 - 19:03:07 WIB

    Pengamat: Kubu Hatta Enggan Bergabung ke Ketum Baru

    JAKARTA, HALUAN — Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru, harus segera merangkul kubu H.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM