Pendukung Balas Serangan Teror Lewat Kartun


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:37:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Banyak pula yang membuat ulang versi gambar itu dengan menggunakan tulisan dengan bahasa yang bereda di antaranya Jerman, Russia, dan Arab.

Seniman turut menunjukan solidaritasnya. Amarah mereka tumpahkan lewat karikatur untuk para pelaku teror. Satu di antaranya dibuat oleh kartunis politik surat kabar Canberra Times, David Pope.

Pope melukis seseorang yang membawa senjata serbu yang moncongnya mengeluarkan asap, seraya mengatakan, “Dia yang pertama kali memulai.” Gambar itu ia unggah di situs sosial media Twitter. Sementara seniman lainnya ada yang membuat gambar bertema senjata AK-47 VS Pensil.

Matt Davies, kartunis untuk Newsday, mengaku terkejut dengan penyerbuan pelaku teror ke kantor Charlie Hebdo. Ia mengatakan siapa pun yang melakukan hal keji sangat termotivasi.

Kegelisahan Davies dalam peristiwa berdarah itu ia lukiskan lewat gambar beberapa pria besenjata yang kebingungan dan mengacungkan pensil seraya bertanya “di mana pemicunya?”

“Kartun terkadang memang menyindir, dan mereka harus bisa menerima itu. Anda melihat kartun, dan Anda mengatakan hal itu menyinggung dan seharusnya yang anda lakukan adalah menyurat kepada editor,” katanya, seperti dikutip dari CNN.

Asosiasi Kartunis Editorial Amerika Serikat (AS), juga menunjukan dukungan mereka kepada korban. Mereka mengutuk apa yang mereka sebut sebagai “Tindakan kekerasan yang menjijikkan.” (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Februari 2016 - 02:47:03 WIB
    APPKTM Gajah

    Motor Serba Guna, Pendukung Usaha

    Motor Serba Guna, Pendukung Usaha PADANG, HALUAN — Gajah adalah sepeda motor keluaran APPKTM. Sepeda motor berjenis roda tiga ini adalah sepeda motor serbaga guna atau multifungsi yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai usaha masyarakat. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM