Tinjau Kembali Trayek Angkot


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:35:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ia melanjutkan, syarat uta­ma suatu terminal, harus me­menuhi dua definisi baku. Pertama, terminal adalah tu­juan awal dan akhir trayek angkutan umum, dalam hal ini tentunya terminal menjadi tujuan awal dan akhir bagi AKDP dan AKAP yang keluar masuk Kota Padang. Definisi yang kedua, terminal adalah pusat pergantian antar moda, artinya suatu terminal meru­pakan pusat pergantian pe­numpang dari angkutan kota ke AKDP atau AKAP.

“Kedua definisi tersebut harus dipastikan melekat pa­da Terminal Anak Aie nanti­nya. Kita tidak menginginkan ter­minal baru yang akan di­bangun dengan biaya sangat besar itu akan sama nasibnya dengan Terminal Aia Pacah,” cemas Yossyafra.

Oleh karena itu, Yossafra berharap agar pemerintah memastikan trayek angkutan kota Padang, sehingga fungsi tiap angkutan umum berjalan sebagaimana mestinya.

“Contoh, dari Teluk Bayur jika ingin ke Terminal Anak Aie caranya bagaimana, antar satu trayek dengan trayek yang lainnya harus integral dan berhubungan langsung sampai ke Terminal Anak Aie. Ke­mudian sudah ditentukan ang­kot trayek mana saja yang masuk Terminal Anak Aie itu,” urainya.

Pembangunan terminal tipe A Anak Aie sebagai peng­ganti terminal Aia Pacah yang difungsikan untuk terminal angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) akan dibangun tahun ini dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang Rp5 Miliar dan APBN se­besar Rp2,5 Miliar.

Kepala Dinas Dishub­ko­minfo Padang Rudy Ri­naldy mengatakan, anggaran awal tersebut akan digunakan un­tuk pematangan lahan dan saluran drainase. Terminal dengan luas 4,5 hektare itu butuh anggaran sampai bisa ditempati sebesar Rp40 Miliar.

“Pembangunan fisik di­pre­diksikan selesai 2016, setelah itu peremajaan bangunan ter­minal dan sosialisasi,” ucap Rudy.

Terminal yang sudah di­rencanakan semenjak tahun 2011 silam dan terkendala lahan akhirnya bisa diselesai­kan oleh Pemko Padang de­ngan bukti, sertifikat tanah sudah atas nama Pemko Pa­dang. Menurut Rudy, jika tanah masih bermasalah tidak mung­kin akan diberikan ban­tuan oleh pemerintah pusat.

“Karena lahan sudah be­bas itu makanya bisa diang­garkan, dan dibantu oleh pe­merintah pusat,” jelas Rudy.

Jika terminal itu siap, jelas Rudy rencana pendukung lain­nya saat ini sudah di­rancang, seperti tempat ber­belanjaan dan pertokoan. Wa­cana ini juga dilakukan de­ngan serius dengan mengajak pihak ketiga bekerja sama.

“Pusat perbelanjaan ini nantinya yang akan mem­bang­un pihak ketiga. Kalau sudah aktif dan banyak bus yang masuk, pasti ramai. Maka akan gampang mengajak pihak ke­tiga,” tutur Rudy Rinaldy.

Sementara itu, Kepala Di­nas Perhubungan Komuni­kasi dan Informasi (Dis­hub­ko­minfo) Sumbar, Amran ber­harap adanya Terminal Anak Aie tersebut, tidak akan di­jumpai lagi AKDP dan AKAP yang ngatem mencari penum­pang di beberapa ruas jalan utama di Kota Padang. (h/mg-isq-ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:42:08 WIB

    Wako Tinjau Basko Hotel dan Mall

    Wako Tinjau Basko Hotel dan Mall PADANG, HALUAN – Wali Kota Padang mulai mengkhawatirkan kondisi kota yang dipimpinnya pascaeksekusi lahan Basko Mall dan Hotel. Padahal, kota ini tengah berkembang, ditambah lagi helatan nasional akan berlangsung di Padang,.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:37:49 WIB

    Walikota Tinjau Kondisi Kota

    Walikota Tinjau Kondisi Kota PADANG, HALUAN — Melihat tingginya cu­rah hujan, Walikota Padang H. Mahyeldi An­sharullah Dt Marajo langsung meninjau kon­disi Kota Padang. Walikota menyusuri sejum­lah daerah. Takut warga kotanya ditimpa bencana akibat.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 16:06:16 WIB

    Walikota Padang Tinjau Pembuatan Jalan Evakuasi di Pasia nan Tigo

    Walikota Padang Tinjau Pembuatan Jalan Evakuasi di Pasia nan Tigo PADANG, HALUAN -- Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah meninjau pembuatan jalur evakuasi oleh US Navy, yang merupakan salah satu bagian kegiatan Pacific Partnership 2016 di kawasan Pasia Nan Tigo, Koto Tangah, Padang, Rabu (.
  • Rabu, 27 April 2016 - 15:35:26 WIB

    PWI Tinjau Kesiapan Sumbar Tuan Rumahi HPN

    PADANG, HALUAN — Ren­cananya Hari Pers Na­sio­nal (HPN) tahun 2017 akan di­adakan di Sumatera Barat (Sumbar). Kepastian Sumbar sebagai tuan rumah HPN ini ditinjau oleh Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) Pusat..
  • Sabtu, 09 April 2016 - 04:59:36 WIB

    Pengamat Minta Pemerintah Tinjau Penerapan UNBK

    PADANG, HALUAN — Pengamat Pendidikan Sumatera Barat Jamaris Jamna mengatakan, wacana pemprov mendorong pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) secara menyeluruh, harus ditinjau ulang. Karena dalam pelaksanaan per.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM