Bukittinggi Bangun 5 Unit Jamban Sehat


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:23:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Saat ini lima lokasi ter­sebut masih dalam tahap penja­jakan. Jika lokasi itu tidak memungkinkan bisa saja pem­bangunan MCK tersebut dialih­kan ke kelurahan lain,” ujar Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Bu­kittinggi Rahmad AE, didam­pingi Kasi Teknik Penyehatan R Ratna Agustina Kepada Haluan, Kamis (8/1).

Untuk pembangunan MCK itu sendiri ujarnya, di­utamakan di lokasi pemuki­man masyarakat yang tidak memiliki akses sanitasi pem­buangan yang memadai, serta di lokasi yang betul-betul belum mempunyai MCK. Di­sam­ping itu juga harus memiliki ketersediaan lahan untuk pembangunan MCK, karena pembangunan MCK ini merupakan fasilitas untuk kepentingan umum.

MCK yang akan dibangun ini juga disesuaikan dengan standar kesehatan lingkungan, sehingga air yang keluar dari fasilitas MCK ini tidak me­ngalir keluar dan tidak meresap ke tanah ataupun kesaluran air lainnya.

“Untuk lima MCK ini, kami rencanakan pembangu­nannnya dimulai pertengahan tahun ini. Untuk pemba­ngu­nan fisik fasilitas MCK ini memerlukan waktu tiga atau empat bulan pengerjaan. Par­tisipasi dan swadaya masya­rakat juga sangat menentukan pembangunan fasilitas MCK umum ini,” jelas Rahmad.

Kasi Teknik Penyehatan R Ratna Agustina menam­bah­kan, pada tahun 2014 lalu Kota Bukittinggi juga mendapatkan alokasi DAK untuk pem­bangunan dua unit fasilitas MCK. Dua unit MCK itu di­bangun di Kelurahan Manggis Gantiang dan di Kelurahan Pakan Kuray.

Alhamdulillah, dua unit fasiltas MCK alokasi DAK tahun 2014 dengan biaya se­kitar Rp500 juta lebih itu telah selesai pengerjaannya. Bahkan dua unit MCK plus itu juga telah diresmikan pemakaian­nya oleh Walikota Bukittinggi Ismet Amzis. Swadaya masya­rakat juga sangat diperlukan dalam pembangunan ini,” ujar Ratna.

Terpisah Walikota Bu­kit­tinggi Ismet Amzis menga­takan, keberadaan fasilitas MCK umum merupakan sa­rana yang sangat penting bagi masyarakat.

Apalagi masih banyak se­bagian masyarakat yang mela­kukan aktivitas MCK di tem­pat yang tidak layak. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya pembangunan  MCK ini dapat dimanfatkan secara baik dengan masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM