Petani Terancam Gagal Panen


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:23:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Bagi padi warga yang telah mulai besar, kini belum terli­hat menguning karena keke­ringan, tetapi yang banyak layu dan terlihat sudah kuning tersebut terjadi pada padi berusia sekitar 10 hari sampai dua minggu, jika saja hujan kurang dalam beberapa hari ini diperkirakan padi itu akan gagal panen,” sebut Walinagari Salimpauang, Zulhaidi kepada Haluan, Kamis (8/1) di Jorong Nan Duo Suku.

Dikatakannya, di Nagari Salimpauang yang pendu­duk­nya berjumlah 5.100 jiwa ter­sebut, 80 persennya meru­pakan petani, diantarnya petani sayu­ran dan padi sawah. Untuk pengolahan sawah a­khir-akhir ini hanya bisa meng­garap satu kali setahun. “Disini kini hanya sawah tadah hujan, menunggu musim hujan tiba baru petani menggarap sawah­nya, umum­nya hanya bertani sayuran. Itu dise­babkan sekitar 40 persen saluran irigasi telah rusak dan tidak dapat dialiri lagi, untuk sayuran sekitar 20 ton perhari adalah dari nagari ini dan diba­wa ke Riau,” s­e­butnya.

Sementara itu, Afdal, salah seorang petani menyebutkan ketakutannya akan gagal panen yang akan terjadi pasca keru­sakan saluran irigasi ini. “Ka­mi berharap, pemerintah se­tempat bisa segera mem­per­baiki saluran irigasi yang ru­sak. Pasalnya, dengan keru­sak­an irigasi tersebut, dipas­tikan pu­luhan sawah yang ada bisa ga­gal panen,” harap­nya. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 September 2018 - 19:21:37 WIB

    Petani  Kamang Magek Bertanam Kedelai 20 Hektare

    Petani  Kamang Magek  Bertanam Kedelai 20 Hektare AGAM, HARIANHALUAN.COM- Petani Kamang Magek tanam 1 ton bibit kedelai di areal seluas 20 hektare di Jorong Pauah, Nagari Magek. Saat ini mayoritas masyarakat mengembangkan komoditi kedelai, di areal yang sulit mendapatkan air.
  • Senin, 03 September 2018 - 19:25:07 WIB

    DPRD Sumbar:  Petani Belum Sejahtera

    DPRD Sumbar:  Petani Belum Sejahtera PADANG, HARIANHALUAN.COM-Nasib para nelayan dan petani, termasuk di Kota Padang masih banyak yang belum terangkat dan cenderung belum sejahtera. Sebagian besar dari mereka masih hidup berbalut kemiskinan. Hal ini ditampung da.
  • Senin, 14 Mei 2018 - 10:00:41 WIB

    Prihatin Nasib Petani, Mahasiswa Sumbar Deklarasikan Gema Tani

    Prihatin Nasib Petani, Mahasiswa Sumbar Deklarasikan Gema Tani PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sedikitnya, 200 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat bergabung dan mendeklarasikan diri membentuk gerakan mahasiswa Petani Indonesia (Gema Tani) untuk wilayah Sumbar..
  • Senin, 09 April 2018 - 10:14:20 WIB

    Dana Aspirasi Rp850 Juta Diserahkan, Sabrana: Berharap Petani Tidak Kesulitan Lagi 

    Dana Aspirasi Rp850 Juta Diserahkan, Sabrana: Berharap Petani Tidak Kesulitan Lagi  PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sekitar Rp850 juta anggaran yang bersumber dari dana aspirasi anggota DPRD Sumbar, Sabrana dikucurkan untuk membantu alat-alat pertanian bagi masyarakat kelompok tani yang ada di Kabupaten Solok dan .
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:36:52 WIB

    130 Petani Dharmasraya Ikuti Sekolah Lapangan

    130 Petani Dharmasraya Ikuti Sekolah Lapangan Dharmasraya, Haluan – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Selasa (19/12) menghadiri acara temu sekolah lapangan “rimba” petani karet dan sawit yang dipusatkan di Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM