Disdik Pekanbaru Perlu Pengawasan Maksimal


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:16:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita berharap progres ini tidak lagi menganut orientasi untuk kepentingan satu kelom­pok. Anggaran yang sudah digelontorkan pada APBD murni Kota Pekanbaru 2015 sebesar Rp1 triliun lebih ini, perlu pengawasan yang prope­sional, agar dapat membuat wajah pendidikan benar-benar untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), baik terhadap tenaga pengajarnya, siswa, dan masyarakat, serta pembangunan infrastruktur pendidikan yang terlaksana sebagaimana yang diharap­kan,” kata Fikri Wahyudi saat berbincang dengan wartawan Kamis (8/1).

Selain itu kata Fikri, yang juga anggota di Komisi III DPRD Pekanbaru, khusus membidangi masalah pendi­dikan ini, dirinya berharap, agar jangan ada keluhan-kelu­han dan kejadian seperti selama ini. Bahkan seperti tahun 2014 lalu.

“Masyarakat, pelajar dan orangtua banyak mengeluhkan soal pungutan liar (pungli), anaknya tidak bisa sekolah karena dari keluarga tidak mampu, ada dilarang ikut ujian karena tidak membayar uang sekolah. Nah itu juga perlu  kita wanti-wanti ke Disdik. Apa yang sudah diprogram­kan, agar dijalankan secara maksimal,” kata Fikri.

Menurut Fikri, kejadian-kejadian yang mencoreng citra pendidikan tersebut, sebe­narnya tidak perlu terjadi. Jika pimpinan Satker tersebut pu­nya komitmen yang tinggi, untuk memajukan dunia pen­didikan. Lebih dari itu, kepala Satker tersebut punya ke­tegasan dan transparansi.

Jika demikian, program-program yang sudah direnca­nakan, bisa dijalankan maksi­mal. Bagi bawahan yang berani “bermain’, langsung diberikan punish sesuai tingkat kesa­lahannya. Jika memang sudah pelanggaran berat, bisa di­usulkan dinonjobkan, seraya pemberhentian.

“Sikap seperti itu yang kita inginkan. Dan harusnya me­mang demikian. Sehingga mem­beri efek jera bagi yang lain, agar tidak berbuat hal yang sama. Baik itu pungli dan sejenisnya hingga membuat keresahan pelajar dan wali murid. Itu tadi, perlu sikap ketegasan. Tidak mencla-men­cle, atau beretorika saja. Yang perlu kita ingatkan juga, bagi pejabat di Disdik yang tidak sanggup bekerja, mengun­dur­kan diri, agar tidak menjadi alasan sebuah program tidak berjalan, karena ketidak­sanggu­pannya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan anggaran yang cukup ‘fantastis’ itu, harus mendapatkan output atau hasil yang jelas. Sejumlah program prioritas yang di­gadang-gadangkan untuk me­ningkatkan SDM melalui in­frastruktur pendidikan, pelatihan guru, pemberian beasiswa dan lain sebagainya. (hr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Mei 2016 - 02:52:44 WIB

    Disdik Riau Salurkan Soal UN SMP

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai menyalurkan soal-soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS/SMPT/SMP LB, se-Kabupaten Kota, Senin (2/5) hingga hari Rabu (4/5)..
  • Sabtu, 16 April 2016 - 05:03:16 WIB

    Disdik Kepri Diduga Tahan Dana Hibah

    TANJUNGPINANG, Haluan — Dinas Pendidikan Provinsi Kepri (Disdik Kepri) dituding menahan dan menghambat proses pencaian dana hibah sebesar Rp15 miliar yang dialokasikan untuk pendanaan Kam­pus Universitas Maritim Raja Ali H.
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:36:53 WIB

    Disdik Meranti Validasi Data Guru

    MERANTI, HALUAN—Ke­pala Dinas Pendidikan dan Kebu­dayaan Kabu­paten Ke­puluan Meranti M Arif MN mengaku pi­haknya masih melakukan va­lidasi data guru maupun se­kolah di tingkat SMA/ SMK yang akan segera diserahkan ke.
  • Jumat, 26 Februari 2016 - 02:14:38 WIB
    Belum Bayar Uang Sekolah

    Kadisdik: Siswa Jangan Dilarang UN

    PEKANBARU, HALUAN—Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menegaskan, kepada seluruh kepala se­kolah di Kota Pekanbaru, agar tidak melarang siswa untuk mengikuti ujian,lantaran be­lum bisa melunasi.
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 03:48:50 WIB

    Disdik Batam Siap Gelar UN Online

    BATAM, HALUAN—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mengaku telah siap menggelar ujian nasional (UN) online atau model Computer Bassist Test (CBT)..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM