Hiu Paus Terdampar di Pessel


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:49:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ikan seberat 350 kg tersebut kemudian menjadi pusat perhatian warga Batang Kapas dan warga Kota Painan. Warga mengabadikan momen langka itu dengan kamera hand phone.

“Baru kali ini saya melihat ikan besar panjang 5 meter dengan berat 350 kg yang belakangan diketahui hiu paus. Ketika ditemui, ikan itu masih dalam kondisi hidup, sehingga kami mendorongnya ke laut. Tetapi, tak lama kemudian terdampar lagi, dan akhirnya mati,” tutur Eril warga setempat.

Kasi Pengelolaan dan Pelestarian Ekosistem dan Lingkungan Perairan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Pessel, Darpius Indra ketika dihubungi, Rabu (7/1) menyebutkan, peristiwa terdamparnya hiu paus sudah beberapa kali terjadi. Antara lain di Pantai Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Amping Parak, Kecamatan Sutera, dan kini di Anakan, Kecamatan Batang Kapas.

“Karena sudah mati, maka warga diminta untuk menguburkan. Sebelumnya, ada niat dari warga untuk menjual, namun dilarang, karena diduga ikan tersebut mengidap penyakit yang bisa membahayakan kesehatan manusia,” imbuhnya.

Dijelaskan, hiu ini disebut hiu paus, karena ukuran tubuhnya yang sangat besar dan bentuk kepalanya tumpul mirip paus. Meskipun ikan ini namanya hiu paus, ikan ini tidak menakutkan karena makanan utamanya adalah plankton.

Hiu paus berukuran panjang hingga  14 meter dengan berat mencapai 15 ton. Ukuran rata-rata adalah 7,5 meter. Seperti kebanyakan hiu, ikan hiu paus betina lebih besar dari hiu paus jantan.

Memiliki mulut besar yang lebarnya bisa sampai 1,4 meter. Mulutnya berada di ujung moncongnya, bukan pada bagian bawah kepala seperti ikan hiu pada umumnya.

Ia memiliki kepala, lebar datar, moncong bulat, mata kecil, 5 celah insang yang sangat besar, 2 sirip punggung, dan 2 sirip dada (di sisi-sisinya).

Hiu paus memiliki 3.000 gigi yang sangat kecil tetapi jarang digunakan. Hiu paus merupakan penyaring makanan (filter feeder) menggunakan insangnya yang besar. Ekornya memiliki sirip bagian atas jauh lebih besar dari pada sirip sirip bagian bawah.

Ikan ini memiliki warna tubuh dengan corak khas yaitu berbintik dan bergaris kuning muda dengan pola acak pada kulitnya yang berwarna abu-abu tua. Kulitnya sangat tebal mencapai 10 cm. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 17:05:54 WIB

    Dua Bangkai Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pesisir Selatan

    Dua Bangkai Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pesisir Selatan PAINAN,HALUAN- Dua ekor bangkai ikan hiu tutul (rhincodon typus) terdampar di dua lokasi terpisah, Selasa (9/8). Salah satunya ditemukan oleh nelayan dengan panjang 5 meter di pantai Tansridano kecamatan Batang Kapas Pe.
  • Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:59:09 WIB

    Hiu Seberat 25 Ton Terdampar di Pessel

    PAINAN, HALUAN — Ikan raksasa jenis hiu paus terdampar di objek wisata Pantai Pasir Putih Kampung Pasa.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM