LSM Desak Pemerintah Periksa Material Aspal


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:35:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita bisa lihat apa yang terjadi selama ini di jalan lintas barat Sumatera. Sejumlah proyek pelebaran dan perbaikan jalan telah berlangsung, namun jalan yang diperlebar dan diperbaiki cepat rusak. Ini pasti ada yang salah dari proses pengerjaan jalannya,” katanya.

Untuk itu, kami mendesak pemerintah provinsi dan kabupaten membentuk tim yang bertugas memeriksa material pembuat aspal beton. Apakah material sesuai dengan spesifikasi untuk jalan.

Selanjutnya Direktur LSM Swara Pesisir Rizal Mala mengatakan, untuk memeriksa material yang digunakan untuk proyek pembangunan jalan aspal beton pemprov dan pemkab perlu bekerjasama dengan laboratorium teknik sipil Unand Padang atau lembaga lain sehingga diketahui material layak digunakan atau tidak.

Terkait hal itu Nasrul Abit menyebutkan, jalan nasional yang belum dilebarkan berada dipusat kecamatan dan nagari yang padat penduduk. Pelebaran jalan tahun ini memang belum menyentuh kawasan yang padat penduduk.

“Dapat disaksikan ruas jalan yang masih sempit, misalnya di Ampiang Parak, Air Haji, Balai Selasa dan lainnya. Bangunan diruas yang belum dikerjakan tersebut sangat dekat dengan jalan, jadi perlu upaya ganti rugi,” katanya.

Disebutkan Nasrul Abit, alokasi pelebaran jalan nasional itu membentang dari Ampiang Parak hingga Air Haji, untuk itu pemkab juga menyiapkan dana ganti rugi.

Sementara itu 1,8 kilometer jalan Nasional Lintas Barat Sumatera yang terdapat di Kampuang Pasar Gompong Kambang Barat Kecamatan Lengayang kondisi sangat buruk, sementara para pengemudi lebih banyak menggunakan jalan pariwisata yang berada di pinggir Pasir Putih Kambang.

Jalan nasional yang belum diaspal tersebut membentang dari Simpang Lakuak ke Simpang Tiga Padang Rubia. Kondisi jalan tersebut tidak jauh berubah jika dibandingkan dengan tahun 2011 lalu saat jalan tersebut diserahkan ke pemerintah pusat untuk dijadikan jalan nasional.

Kepala Dinas PU Pessel, Pri Nurdin, menyebutkan, hingga kini memang belum ada kejelasan dari pemerintah pusat terkait rencana pengaspalan jalan tersebut.”Tidak ada kewenangan daerah untuk mengerjakan jalan nasional tersebut. Namun pada saat rakor dengan provinsi kami selalu sampaikan pentingnya jalan tersebut di aspal,” katanya. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 September 2017 - 01:30:57 WIB

    LSM Pasbar Galang Dana Peduli Rohingya

    LSM Pasbar Galang Dana Peduli Rohingya PASBAR, HALUAN - Peristiwa yang terjadi di Myanmar sontak membuat masyarakat muslim Indonesi bergejolak. Dukungan terhadap muslim Rohingya mengalir dari seluruh penjuri tanah air Indonesia. Mulai dari pusat hingga pelosok neg.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 04:13:24 WIB

    Walinagari Jangan Menjadi LSM

    Walinagari Jangan Menjadi LSM LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Li­mapuluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, wali nagari bukan lawan bupati, se­baliknya merupakan per­panjangan tangan bupati di nagari. Karena itu, wali nagari diharapkan bisa me­rubah par.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 06:11:12 WIB

    Limbah PT USM Cemari Lingkungan, Aliansi LSM Pasbar Protes

    Limbah PT USM Cemari Lingkungan, Aliansi LSM Pasbar Protes PASBAR,HALUAN — Sejumlah Lembaga Swa­daya Masyarakat (LSM) Kabupaten Pasaman Barat yang tergabung dalam Aliansi LSM Pasa­man Barat, melakukan demonstrasi ke kantor Bupati, Kantor DPRD dan Kantor BLHKP setem­pat menuntut.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 17:21:50 WIB

    LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan

    LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan LIMAPULUH KOTA, HALUAN -- Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota, Forum Komunikasi Peduli Nagari (FKPN) melaporkan Walinagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan ke Kejaksaan Negeri Payakumbuh cabang Pa.
  • Rabu, 03 Februari 2016 - 12:23:39 WIB

    Walinagari Ganggo Hilia Bantah Tudingan LSM Tipikor

    PADANG, HALUAN — Walinagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman membantah tudingan yang d­ialamat­kan kepada dirinya terkait dugaan penyimpangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari tahun anggaran 20.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM