Ribuan Hektare Sawah Siap Dialiri


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:33:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Irigasi tersebut telah selesai diba­ngun tahun 2014 lalu. Dan warga petani telah dapat memanfaatkan air untuk mengairi sawah di kecamatan tersebut,” katanya.

Camat Sutera Fachruddin menye­butkan, irigasi beserta saluran primer yang telah dibangun sepanjang 13,5 Km. Irigasi telah dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani di Surantiah.

“Sebelum irigasi selesai, pro­duk­tivitas petani memang menurun soalnya air tidak bisa masuk ke sawah setiap hari. Irigasi dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja. Sementara dari Senin hingga Jumat ditutup untuk pengerjaan proyek. Dari irigasi ini biasanya men­suplai air untuk dua nagari, yakni Surantiah dan Amping Parak,” katanya.

Ketika dalam proses pembangunan, akibat lamanya pelaksanaan proyek pembangunan irigasi maka kepada petani di instruksikan untuk menanam jenis tanaman lain disawah. “Misalnya jagung, kedelai, kacang tanah dan berba­gai tanaman sayuran lainnya,” katanya.

Selsnjutnya Kadispertahornakbun Pessel, Afrizon Nazar mengatakan, di Kambang, Kecamatan Lengayang, lahan pertanian yang tergantung pada irigadi Tampuniak sekitar 4.000 hektare, kemu­dian yang tergantung pada irigasi Am­palu dan Bayang sekitar 8.000 hektare.

Dia menyebutkan, luas lahan sawah di Pessel 30.344 hektare dan merupakan terluas di Sumbar. Adapun jenis irigasi lahan sawah adalah: beririgasi 20.835 hektare, tadah hujan 8.834 hektare, pasang surut 356 hektare dan lebak 320 hektare. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 17:03:23 WIB

    Gelar Tablig Akbar 2 Hari, UAS Bius Ribuan Warga di Solok

    Gelar Tablig Akbar 2 Hari, UAS Bius Ribuan Warga di Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM--Sosok Ustad Abdul Somad (UAS) selalu menjadi fenomena dan menimbulkan rasa penasaran di tengah masyarakat setahun belakangan. Kehadirannya di Kabupaten dan Kota  Solok selama dua hari, berhasil membi.
  • Senin, 15 Oktober 2018 - 08:18:15 WIB

    Ribuan Warga Terdampak, Banjir di Pasbar  Terparah Sejak Pemekaran

    Ribuan Warga Terdampak, Banjir di Pasbar  Terparah Sejak Pemekaran PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Banjir bandang yang menghantam Pasaman Barat tercatat sebagai banjir terparah sejak kabupaten tersebut dimekarkan dan berpisah dengan Pasaman sebagai kabupaten induk pada tahun 2003. Setidaknya, 1.
  • Selasa, 30 Januari 2018 - 18:06:09 WIB

    KSPSI Sumbar Bersikap, Mau Dikemanakan Seribuan Karyawan Basko?

    KSPSI Sumbar Bersikap, Mau Dikemanakan Seribuan Karyawan Basko? PADANG, HARIANHALUAN.COM –Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sumbar meminta pemerintah daerah tidak diam saja terkait nasib seribuan karyawan Basko Hotel dan Basko Grand Mall yang jadi pihak terdampak eks.
  • Jumat, 20 Oktober 2017 - 00:38:53 WIB

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris AGAM, HALUAN - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, ribuan petani yang terdiri dari beragam kelompok di Kecamatan Tanjung Raya, ikut serta dalam kegiatan pawai alegoris yang diselengarakan oleh pemerintah Kecamatan.
  • Sabtu, 11 Februari 2017 - 08:01:56 WIB

    Ikut 112, Ribuan Warga dari Sumbar Bergabung di Jakarta

    Ikut 112, Ribuan Warga dari  Sumbar  Bergabung di Jakarta PADANG, HALUAN - Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Irfianda Abidin mengklaim ribuan warga Sumatera Barat (Sumbar) ikut Aksi bela Islam 112 di Ibu Kota Jakarta. Aksi damai tersebut akan.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM