Kurikulum Terpendek, Tatap Muka Kacau


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:33:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal itu diungkapkan Haf­nizal “Oyong”, salah seorang pemerhati pendidikan di Li­ma­­puluh Kota, dalam diskusi ‘mem­­­bedah isu dunia pen­didi­kan terkini’ di perwakilan Hal­uan Payakumbuh Jalan Sudir­man Simpang Benteng Paya­kumbuh, Rabu petang (7/1).

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota Radimas yang dihubungi ter­pisah, mengakui hal itu. Kare­nanya ia telah memerintahkan seluruh Unit Pengelolah Tek­nik Daerah (UPTD) Pen­di­dikan, untuk segera me­ru­muskannya. “Kita telah perin­tahkan seluruh UPTD untuk membahasnya dalam rapat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Besok (Ka­mis ini,red), semua UPTD membahasnya secara bersama, “jawab Radimas.

Namun menurut Oyong, panggilan akrab Hafnizal, dengan terjadinya kekacauan itu, bukan saja guru yang dibuat pusing. Tapi anak-anak yang lebih pusing. Karena mereka diajarkan dengan ku­ri­kulum dan metode yang berbeda se­tiap harinya.  “Ke­kacauan itu bukan tanpa se­bab. Ini (keran­cuan peng­gunaan kuri-ku­lum,red) terja­di, karena Dinas Pendidikan tidak bisa mem­posisikan diri dan segera me­ngambil ke­putusan atas peru­bahan atu­ran yang dibuat peme­rintah pusat itu, “kata Hafnizal O­yong yang juga guru pada SMAN 1 Kecamatan Situjuah Limapuluh Kota.

Pada sisi lain, Hafnizal juga mengusulkan, agar pemkab membantu guru-guru yang harus melengkapi kewajiban mengajarnya 24 jam setiap minggu. Sebab poin yang men­ja­di dasar untuk sertifikasi guru-guru itu, menyebabkan guru harus (maaf) melacurkan diri. Karena tidak cukupnya jam mengajar disekolahnya, guru harus mencari sendiri jam mengajar ke sekolah lain. Ha­luan Perwakilan Payakumbuh dan 50 Kota

Kantor Baru, Semangat Baru

Diskusi membedah isu kru­­­sial akan dilaksanakan secara berkala di kantor baru Perwakilan Harian Haluan Payakumbuh dan Limapuluh Kota di kawasan Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh. Persisnya di kawasan Simpang Benteng , jalan Sudirman no­mor 3, Kota Payakumbuh.

Mulai Januari tahun 2015 ini, perwakilan Haluan Pa­yakumbuh dan Limapuluh Kota pindah kantor ke tempat yang baru. Ini merupakan upaya untuk mempermudah akses dengan relasi dan ma­syarakat di dua daerah ter­sebut.  (h/nto/ddg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:40:09 WIB

    Pemkab Diminta Masukan Pelajaran NKRI dalam Kurikulum

    Pemkab Diminta Masukan Pelajaran NKRI dalam Kurikulum PASBAR, HALUAN — Per­wa­kilan pejuang 1945 Pasaman Barat (Pasbar) silahturahmi dengan pemerintah setempat, Kamis (10/11). Dalam kesem­patan ini, perwakilan pejuang 45 ini berharap, pemerintah Pasbar bisa memasukkan mata .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM