Masyarakat Nilai Pemerintah Pilih Kasih


Selasa, 06 Januari 2015 - 18:36:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Nita, warga Purus yang juga Pedagang Kaki Lima (PKL) menilai Perda yang mengatur tentang sampah hanya ber­tujuan untuk mencapai Adi­pura, bu­kan untuk menya­darkan masya­rakat tentang kebersihan. Ketika hujan maka sampah kiriman Banda Bakali dari hulu akan parkir di bibir pantai. Ini salah satu faktor yang menyebabkan sampah menum­puk di bibir pantai.

“Saya curiga ini untuk ambil muka saja, alias meng­gaet Adipura kembali. Coba perhatikan jika hujan, banyak sampah yang parkir di bibir pantai. Dan itu sampah kiri­man dari hulu, jelas masya­rakat yang di sana membuang­nya,” jelas Nita.

Hal senada juga dike­luh­kan oleh masyarakat Pasar Raya Padang, Peri. Sebagai pedagang sembako, jelas sam­pah merupakan salah satu produksi terbesarnya juga setiap hari, sedangkan tong sampah yang ada di depan Bioskop Raya sering penuh dan menimbulkan bau. Ka­rena keterbatasan petugas kebersihan, di pagi hari tong sampah masih penuh.

“Makanya sampah kami letakkan di sekitar lapak dulu. Kalaupun dibuang tong sam­pah sudah penuh. Kami berha­rap, dalam penerapan Perda ini semuanya harus dipersiapkan. Terutama dari segi sarana dan prasarananya. Tong sampah hal penting yang harus dipe­nuhi,” tutur Peri.

Tak hanya penerapan 10 kawasan bebas sampah, demi mendukung Padang Bersih, Dinas Perhubungan Komu­nikasi dan Informasi (Dishub­kominfo) Kota Padang juga meminta angkot menyediakan tong sampah di kendaraan ma­sing-masing. Sayang hal ini belum banyak diketahui sopir dan tidak dipahami pelaksa­naannya.

Dari pantauan Haluan di lapangan, pada beberapa ang­kutan dengan jurusan yang berbeda, ternyata belum ada satupun angkutan yang dite­mui mengadakan tempat sam­pah pada angkotnya.

Salah seorang sopir angkot jurusan Pasar Raya-Siteba Roni (24) mengaku belum mendapatkan informasi dari Dishub, makanya ia belum menyediakan tempat pem­buangan sampah tersebut di angkotnya. “Saya saja baru tahu sekarang dari Haluan, kalau angkot harus ada tong sam­pahnya. Makanya saya tidak sediakan karena saya tidak tahu,” ujarnya, Selasa (6/1).

Namun ia berjanji akan segera membeli tempat sam­pah untuk diletakkan dalam angkotnya. Lain lagi tanggapan yang diberikan oleh supir angkot jurusan Labor Pasar Raya Nal (21). Selain tidak tahu soal pengadaan tempat sampah ini, ia juga mengaku bingung soal pengadaan tem­pat sampah di angkot ini.

“Angkot sekecil ini mau diletakkan dimana tong sam­pahnya, kan tidak semua orang yang naik angkot membawa sampah atau membawa ma­kanan,” ujarnya. Pengadaan tempat sampah ini diatur dalam surat edaran yang diekluarkan Dishub­kominfo tentang kewaji­ban pemilik angkutan menye­dia­kan tem­pat sampah di atas mobil.

Sebelumnya, Pemko sudah menetapkan 10 kawasan bebas sampah di Kota Padang. Per­tama kawasan Jalan Rasuna Said hingga ke Khatib Sulai­man. Kedua, dari kawasan Jalan S Parman, Juanda, Vete­ran, Damar dan Pemuda. Keti­ga, kawasan Jalan Ratulangi dan Belakang Olo dan keem­pat, Jalan A Yani. Kelima, Jalan Ujung Gurun, keenam Jalan Raden Saleh, ketujuh Pantai Padang, kedelapan Pantai Air Manis, kesembilan Pantai Pasir Jambak dan terak­hir di kawasan Jalan M Yamin.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang Afrizal Khaidir menuturkan jumlah petugas kebersihan yang menopang Perda tersebut berjumlah 622 orang. Jumlah 622 orang personil pasukan kuning dibagi dua jadwal yakni siang dan malam serta didu­kung dengan 55 unit truk pem­bawa sampah, serta 120 kon­tainer.  “Untuk itu, DKP sen­diri tetap bekerja ekstra untuk bisa mengatasi populasi sam­pah yang terus meningkat, mencapai 500 ton sehari,” ucapnya.

Dengan kondisi sekarang, ada beberapa truk sampah yang terpaksa harus bolak-balik lima kali ke TPA Air Dingin untuk mengangkut sampah. Tidak hanya itu saja, kerja DKP saat ini memang harus dimaksimalkan demi terwu­judkan dan berjalannya Perda.

“Sebenarnya, kita tidak ada membeda-bedakan lokasi, ha­nya saja itu (10 kawasan bebas sampah,red) yang diprio­ritas­kan dan ada petugas yang me­nga­wasinya. Serta nanti ada denda dan sanksi yang dibe­rikan bagi yang melanggar,” tutur Afrizal. (h/ows/mg-rin)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Juni 2018 - 09:49:13 WIB

    ACT Ajak Masyarakat Berikan Donasi untuk Gaza

    ACT  Ajak Masyarakat Berikan Donasi untuk Gaza PADANG, HARIANHALUAN.COM- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, mengajak masyarakat khususnya di Padang dan sekitarnya untuk berkontribusi membantu Gaza. Pasalnya Rudal Israel Menoreh Duka Gaza di Pekan Idul Fi.
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:59:23 WIB

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM----Jelang bulan suci Ramadan, Satpol PP Kota Padang  agar menggelar operasi Penyakit masyarakat (Pekat) di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Padang..
  • Senin, 20 November 2017 - 19:25:08 WIB

    Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah

    Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pendiri Pulangkampuang.com, Faldo Maldini, akan mendirikan bank sampah yang dinamai Rumah Sarok. Ia mendirikan bank sampah tersebut dengan tujuan utama membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga k.
  • Kamis, 02 November 2017 - 10:35:26 WIB

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist PADANG, HARIANHALUAN.COM--Memasuki 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat mengalami penurunan. Menurut data BPS, total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar turun sebesar 23.06 persen. Per September 2017, kunju.
  • Kamis, 24 Agustus 2017 - 16:21:06 WIB

    Rayakan HUT PPAL Padang. Purnawirawan Harus Jadi Contoh Bagi Masyarakat

    Rayakan HUT PPAL Padang. Purnawirawan Harus Jadi Contoh Bagi Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meskipun sudah tidak menjalani tanggung jawab sebagai prajurit, para purnawirawan TNI Angkatan Laut (AL) diharapkan tetap memberikan contoh sikap positif dalam menyikapi situasi dan kondisi yang ada.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM