Tahun 2014, 85 Korban Tewas Kecelakaan


Selasa, 06 Januari 2015 - 18:26:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pada Mapolres Limapuluh Kota, kasus kecelakaan lalu-lintas mengalami lonjakan cu­kup banyak sepanjang 2014. Sebanyak 59 korban dilapor­kan tewas dan 416 lainnya menga­lami luka berat dan luka ringan.

Dibandingkan 2013, angka lakalantas tahun kemarin, mengalami trend kenaikan hampir 40 persen. Dimana kasus lakalantas 2014 menga­lami kenaikan dari jumlah kasus sebanyak 85 di 2013 menjadi 106 kasus. “Tahun 2013, akibat lakalantas, korban meninggal dunia sebanyak 22 orang, luka berat (LB) 30 orang dan luka ringan (LR) sebanyak 120 orang,” ujar Kapolres AKBP Tri Wahyudi, Selasa kemarin.

Didampingi Wakapolres Kompol Iwan Ariyandhi, Ka­bag Ops Kompol Efrizal, Ka­sa­tlantas AKP Riko Syahfutra, Kasatreskrim AKP Amral dan Kasubag Humas Iptu Efrizul, Kapolres Limapuluh Kota membandingkan analisa eva­luasi (anev) lakalantas 2013 de­ngan 2014 yang mem­po­sisikan jumlah korban me­ninggal dunia (MD) mencapai 34 orang.

Polisi menganalisa, dari jumlah korban tewas, luka berat dan luka ringan sepanjang 20­14, ditemukan fakta, jika ana­tomi lakalantas telah me­ngo­rbankan masyarakat beragam usia. Paling banyak pengendara dan pengguna jalan berusia 16-30 tahun yang mencapai 85 korban. Setelah itu, usia 0-9 tahun 10 korban dan 10-15 tahun 20 korban.

Disusul, usia 31-40 tahun 30 korban, 41-50 tahun 33 korban dan terakhir usia 51 tahun ke atas dengan korban 44 orang. “Jadi, pelanggar dan korban lakalantas paling ba­nyak itu, ya usia pelajar dan pekerja muda. Dengan profesi karyawan swasta 98 orang serta pela­jar 47 orang,” ulas Kapolres.

Selanjutnya, pedagang, ta­ni, buruh dengan jumlah 70 orang serta PNS 5 orang, TNI/Polri 1 orang, mahasiswa 6 orang dan pengemudi 5 orang. “Dengan bentuk kendaraan 103 unit roda dua, kendaraan berpenumpang 31 unit, ken­daraan barang 33 unit dan bus 4 unit,” sebut Kapolres Lima­puluh Kota AKBP Tri Wah­yudi didampingi Kasat Lantas Iptu Riko Syaputra merinci dengan detil satu persatu per­kara laka lantas.

Di Polres Payakumbuh Juga naik

Terpisah, Kapolres  Paya­kumbuh AKBP Yuliani, me­nye­butkan, dari jumlah  itu, korban luka berat mencapai 119 dan luka ringan sebanyak 96. Akibatnya ekonomisnya, terjadi kerugian materi menca­pai Rp. 203 juta lebih. Jumlah itu sendiri dibandingkan tahun 2013, mengalami kenaikan 6 persen yang mencapai 125 kasus, dengan korban mening­gal dunia 14 jiwa, luka berat 134, dan luka ringan 91, dengan kerugian materi Rp. 225.600.000.

“Kita cukup kuatir dengan semakin tingginya angka kecelakaan di Payakumbuh. dengan jumlah korban me­ning­gal dunia mencapai 25 jiwa itu, harus menjadi perha­tian semua pihak, “kata Kapol­res Payakumbuh AKBP Yuliani.

Atas kondisi itu, kapolres pertama yang tercatat perem­puan di Mapolres Payakum­buh itu berkeinginan, mela­kukan perbaikan disemua lini terutama soal lalulintas di Payakumbuh. ia mengakui, pengguna kenderaan bermotor dari kalangan pelajar.  “Kita akan terus melakukan sosialia­sai kesekolah-sekolah, untuk meningkatkan kesadaran ter­tib berlalulintas, “katanya.

Ia bersama jajarannya, Wakapolres Kompol Yudie Sulistyo, Kabag Ops Kompol Yoserizal dan dijalankan  Ka­sat­lantas Iptu Harry M Putra, akan menjadikan kasus itu sebagai pengalaman penting. Kekuatan itu juga akan diperkuat Kasatreskrim AKP Adek Chandra, Kasat Narkoba AKP Russirwan dan Kasat Intelkam AKP Efrizaldi, Kasat Bimas AKP Yanisman, Kasat Sabhara AKP S.Bay, serta sejumlah perwira di Polres Payakumbuh.

Disisi lain, terdapat per­baikan yang telah dilakukan. Diantaranya adanya penu­runan surat tilang yang dike­luarkan aparat kepolisian. “Kita menilai, angka kesa­daran berlalu lintas mulai ada. Buktinya, sepanjang tahun 2014 lalu, ini kita menge­luarkan surat tilang 4.039 lem­bar. Sedangkan pada tahun 2013 lalu berjumlah 6.796, “ jelas Yuliani

Kasat Lantas Iptu Hary M Putra, berjanji akan terus mela­kukan sosialisasi keberbagai instansi terkait tertib lalu­lintas. Mengingat jalan raya terbukti masih menjadi lokasi yang selalu memakan korban jiwa. “Kita terus akan mening­katkan sosialisasi tertib berlalu lintas. Terutama kepada kala­ngan pelajar tingkat SMA sederajat, ,” janji Kasat Lantas. (h/nto)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 10:30:50 WIB

    LKAAM Lima Tahun Tanpa Anggaran Dari Pemerintah

    LKAAM Lima Tahun Tanpa Anggaran Dari Pemerintah PADANG,HARIANHALUAN.COM – Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar tahun ini kembali mesti gigit jari. Anggaran untuk lembaga yang menjadi penjaga kekokohan adat Minangkabau tersebut diakomodir dalam Anggaran .
  • Rabu, 12 September 2018 - 18:20:31 WIB

    Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Padang Panjang Helat FSM ke-12

    Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemko Padang Panjang Helat FSM ke-12 PADANG PANJANG,HARIANHALUAN.COM-Tarian Kolosal Panggilan Surau oleh ratusan siswi SLTP menjadi pembuka Festival Serambi Mekah ke -12 yang digelar Pemerintah Kota Padang Panjang, Selasa (11/9).
  • Senin, 10 September 2018 - 22:17:09 WIB

    Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram

    Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram SAWAHLUNTO,HALUAN.COM- Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto untuk ketiga kalinya menggelar Festival Muharam dalam memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah..
  • Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:10:57 WIB

    Gedung Baru DPRD Sumbar Ditempati Akhir Tahun

    Gedung Baru DPRD Sumbar Ditempati Akhir Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM – Akhir tahun ini, gedung baru DPRD Sumbar direncanakan telah bisa ditempati. Secara keseluruhan pembangunan gedung baru DPRD dari awal hingga selesai memakan anggaran sekitar Rp34 miliar..
  • Senin, 23 Juli 2018 - 14:10:58 WIB

    Aspirasi Rakyat: Sudah 2 Tahun Jembatan Ini Darurat Terus

    Aspirasi Rakyat: Sudah 2 Tahun Jembatan Ini Darurat Terus PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Karena tidak ada jembatan permanen yang putus  akibat terjangan banjir, warga Gunung Pauh Koto Tarok, Nagari  Amping Parak, Kecamatan Sutera Pessel, terpaksa tiap hari   melintasi jembatan darurat..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM