Konsep DIM Perlu Lebih Diperdalam


Senin, 05 Januari 2015 - 18:25:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Manurutnya, konsep DIM ini harus dipertegas kembali oleh pengusul. Sejauh ini wacana DIM ini masih belum menggambarkan bentuk keistimewaan Minangkabau nantinya.

“Perlu kajian mendalam terkait DIM ini. Apa dampak yang dirasakan Sumbar nantinya kalau memang DIM ini benar-benar terwujud. Ini perlu diperjelas,” ungkap Mardi.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa secara aspek sosial, ekonomi, politik, hukum dan budaya juga harus dikaji.

“Apabila ini sudah jelas, kita dari Pemprov siap memfasilitasi untuk dibawa ke tingkat pusat,” kata Mardi.

Sebelumnya, ga­gasan pembentukan Daerah Istimewa Minangkabau (DIM) oleh Mochtar Naim mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Bahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayit­no akan membawa usulan pemben­tukan DIM tersebut kepada pemerintah pusat di Jakarta.

Sebelumnya, gagasan pem­bentukan DIM ini juga menda­pat dukungan dari tokoh adat antara lain Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang­kabau (LKAAM) Sumbar  M Sayuti Dt Rajo Penghulu, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Raudhah Thaib dan Ketua Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM) Irfianda Abidin.

Gubernur menilai, dengan pembentukan DIM banyak manfaat yang akan diperoleh Sumbar.

“Nanti kita akan mengu­sulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menjadikan Sumbar Daerah Isimewa Minangkabau, karena pada dasarnya nagari bersifat istimewa pada dua kata kunci yaitu, nagari mempunyai hak-hak asal usul dan nagari mempu­nyai susunan asli,” ucap Irwan Prayitno.

Hal ini diungkapkan Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yitno saat menghadiri diskusi panel yang diadakan Lembaga Kera­patan Adat Alam Mi­nangkaabu (LKAAM) Sumbar di Hotel Pangeran City Sabtu (13/12) lalu.

Diskusi itu diikuti ratusan anggota  Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan LKAAM se-Sumbar.

Ditambahkan Irwan, masih banyak keistimewaan lain yang ada di Sumbar, karena pada dasarnya nagari dan sistemnya telah berjalan selama lebih dari ratusan tahun sebelum adanya pergub, maupun Perda.

“Orang Minang yang ada di Indonesia akan sukses apabila dia tetap memakai ajaran dan adat Minangkabau sepenuhnya. Dan kebalikannya, apabila mereka tidak memakai ajaran adat yang seharusnya akan membuat hidupnya salah dan tidak akan sukses,” ujar gubernur.

Gubernur minta agar ma­syarakat menghidupkan kembali semua ajaran-ajaran yang masih hidup, karena semua itu tak akan pernah kadaluarsa. (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:04:21 WIB

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang saat ini sedang merancang konsep tentang pembangunan sekolah shelter. Konsep sekolah shelter tersebut nantinya akan dibangun pada daerah-daerah zona merah terutama disepanjang pesisi.
  • Senin, 24 April 2017 - 14:32:30 WIB

    Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter

    Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kondisi Kota Padang yang rawan bencana, membuat pemerimtah harus memikirkan keselamatan warganya ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:35:13 WIB

    Wisata Halal Sejalan dengan Konsep ABS-SBK

    PADANG, HALUAN — Adat dan budaya Minangkabau yang memegang erat falsafah adat basandi syarak, sarak basandi kitabullah (ABS-SBK), sudah mengenal lama tentang halal terkait dengan semua aktivitas sosial dan budayanya. Agama .
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 03:32:16 WIB

    Konsep Minang Mart tak Jelas

    Konsep Minang Mart tak Jelas PADANG, HALUAN – Pengusaha ritel Sumbar tidak melihat kalau Minang Mart (MM) sebuah ancaman bagi usaha ritel di Sumbar. Namun, mereka melihat tak ada kejelasan konsep dalam program MM ini..
  • Senin, 18 April 2016 - 04:16:03 WIB

    Revitalisasi Pasar Raya Berkonsep Religi

    Revitalisasi Pasar Raya Berkonsep Religi PADANG, HALUAN—Di sela-sela membenahi Pantai Padang, Pemerintah Kota Padang juga terus membenahi Pasar Raya Padang. Dengan revitalisasi Pasar Raya, diharapkan nantinya pengunjung akan merasa aman, nyaman, tertib dan bersih .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM