Pembangunan Rel Duku – BIM Tersandung Pembebasan Lahan


Ahad, 04 Januari 2015 - 19:32:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita berharap pembebesan lahan ini bisa segera diselesaikan supaya pengerjaan rel Duku - BIM ini bisa segera dimulai,” harap Amran.

Lebih lanjut diucapkannya, bahwa untuk pembebasan lahan Dishubkominfo menganggarkan Rp10 miliar pada tahun 2015 ini.

“Pada tahun 2014 lalu kita menganggarkan sekitar Rp7 miliar untuk pembebasan lahan ini. Namun, hanya sekitar Rp2 miliar saja yang terealisasi,” jelasnya.

Selain pembebasan lahan, saat ini Dishunkominfo tengah melakukan perundingan dengan pihak Angkasa Pura untuk menentukan titik lokasi stasiun yang akan segera dibangun.

“Kami masih berunding terkait penentuan titik stasiun ini, apakah akan langsung berada di dalam ruang tunggu atau tetap berada di luar. Ini masih jadi pembahasan,” terangnya.

Sebelumnya, Sumbar mendapat alokasi dana dari pemerinta pusat sebesar Rp67 miliar untuk jalur kereta api Duku menuju BIM. Namun pembangunan tersebut masih terkendala karena belum tuntasnya pembebasan lahan sepanjang 4,2 km.

Pemerintah pusat menyetujui pembangunan jalur kereta api Duku-BIM itu dalam Musrenbang Nasional yang dihadiri seluruh kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/walikota di Jakarta.

Sedangkan persoalan ganti rugi bangunan milik masyarakat dibicarakan dengan masyarakat setempat bersama Tim Sembilan yang terdiri dari Pemkab Padang Pariaman, tokoh masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya.  (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Desember 2017 - 11:06:48 WIB

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan biaya pembangunan landmark di Gunung Padang yang menghabiskan biaya Rp6,3 Miliar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang melalui Kepala Bidang Bina Marga He.
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:40:30 WIB

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA PADANG, HARIANHALUAN.COM — Soal plang pada pintu perlintasan kereta api (KA) yang belakangan banyak memakan korban direspon Pemko Padang. Wako Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, pihaknya sudah menganggarkan Rp800 juta untuk .
  • Senin, 14 Agustus 2017 - 10:44:23 WIB

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang JAWA TENGAH HARIANHALUAN.COM—Memasuki era desentralisasi, partisipasi publik dalam mempercepat pembangunan daerah sangat diperlukan. Salah satu organisasi asal Sumatra Barat yang mengambil peran strategis tersebut adalahpul.
  • Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia. .
  • Rabu, 12 April 2017 - 08:50:45 WIB

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh PADANG, HALUAN - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, berharap pengembangan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turut didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebagai daerah terdekat dengan Ka.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM