Siap Amankan 10 Kawasan Bebas Sampah


Ahad, 04 Januari 2015 - 19:29:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kawasan pertama dimulai dari kawasan Jalan Bagindo Azis Chan, Sudirman, Rasuna Said hingga ke Khatib Sulai­man. Kedua, dari kawasan Jalan S Parman, Juanda, Vete­ran, Damar dan Pemuda. Keti­ga, kawasan Jalan Ratulangi dan Belakang Olo dan k em­pat, Jalan A Yani. Kelima, Jalan Ujung Gurun, keenam Jalan Raden Saleh, ketujuh Pantai Padang, kedelapan Pantai Air Manis, kesembilan Pantai Pasir Jambak dan ter­akhir di kawasan Jalan M Yamin.

“Jadi, di kawasan tersebut, wajib diterapkan penegakkan hukum terhadap pelanggaran bagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Ini sesuasi Perda, kawasan ini  harus bebas dari sampah, dan bagi yang melanggar akan dike­nakan sanksi sesuai prose­dur yang berlaku,” terang Sekda.

Nasir menambahkan, tim Justisi ini personil pelak­sa­nanya tergabung dari Penga­dilan Negeri (PN) Padang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, Polresta Padang, Sat Pol PP, Tim SK4, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan juga sopir pratoli.

“Dengan SOP masing-ma­sing, semuanya akan menjalan­kan kegiatan dengan waktu yang ditetapkan dalam setiap harinya. Diantaranya, patroli dua shift, yakni shift I dimulai pukul 09.00 WIB sampai de­ngan pukul 13.00 WIB dan shift 2 dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian untuk persidangan, yaitu dilaksanakan satu sampai dua kali dalam seminggu,” imbuhnya.

Sementara itu tambah Sek­da, ketika ditemukan pelang­garan, bagi pelanggar yang tertangkap tangan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama tiga bulan atau mem­bayar denda maksimal Rp 5 Juta.

“Kepada pelanggar, akan diberikan bukti pelanggaran oleh Tim Justisi. Diantaranya, bagi pelanggar yang pertama kali melakukan, akan mengisi blanko teguran simpatik yang berisi perjanjian. Sementara itu, bagi pelanggar berat, akan mengisi Bukti Acara Pe­merik­saan (BAP) cepat Tindak Pidana Ringan (Tipiring) yang akan diadili dengan proses peradilan. Untuk itu, semoga penegakkan Perda ini dipatuhi seluruh masyarakat. Karena, budaya membuang sampah tidak pada tempatnya ini justru akan mencoreng citra baik Kota Padang dalam hal ke­bersihan lingkungan kota,” tutup Sekda.

Pasar Raya dan Pantai Padang Mulai Bersih

Pasca disidak Walikota Padang  Mahyeldi Ansha­rullah hari pertama dan kedua tahun 2015, kondisi kebersihan ka­wa­san Pasar Raya, terutama di Jalan Permindo dan Bundaran Air mancur sudah meningkat. Begitu juga di kawasan Pantai Padang dan kawasan lainnya yang berhasil ditertibkan Sat­pol PP, SK4, Dinas TRTB dan Camat Padang Barat serta Muspika.

Minggu (4/1), bangunan yang diperintahkan walikota agar dibongkar karena menem­pati trotoar, terlihat sudah dibongkar. Demikian juga dengan PKL yang mendirikan lapak-lapak di pinggir jalan dan trotoar juga sudah mem­bongkar lapaknya.

Untuk menjaga kondisi ini, menurut Kasatpol PP Kota Padang Andre Algamar, pi­haknya akan menempatkan petugas di Jalan Permindo dan kawasan bebas sampah lain­nya. Sementara itu di kawasan Pantai Padang, sudah tak terli­hat sampah berserakan. Peda­gang pun tidak lagi menempati Jembatan Muaro Lasak.

Demikian juga dengan pe­dagang di Pantai Padang. Ti­dak ada lagi sampah yang ber­serakan. Dan tidak ada pula pedagang yang berjualan di atas jembatan Mauro Lasak.

“Kami berharap kondisi seperti ini akan terus berlanjut karena dengan begini pe­ngun­jung lebih nyaman dan senang berada di lokasi ini,” ujar Nasti, salah seoarang pengun­jung di Pantai Padang. (h/ows/rel/vie)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:25:52 WIB

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan

    Festival Siti Nurbaya Siap Sedot Wisatawan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Festival Siti Nurbaya 2018 kembali digelar oleh di Kota Padang. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada Jumat 9 November mendatang, dengan tujuan terus memperkenalkan Budaya M.
  • Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:33:58 WIB

    Tes CPNS, Perangkat CAT di Kota Padang Siap Digunakan

    Tes CPNS, Perangkat CAT di Kota Padang Siap Digunakan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Meski belum ada keputusan penunjukan sebagai pelaksana tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemko Padang mengaku telah siap jika sewaktu-waktu diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan Co.
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 11:20:12 WIB

    Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer

    Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna memenuhi kebutuhan penampungan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menambah tujuh unit kontainer selama 2018 berjalan. Secara keseluruhan, Kota Padang memiliki 170 unit kontainer l.
  • Selasa, 28 Agustus 2018 - 21:28:05 WIB

    Bus Pariwisata Bayar Pakai Sampah Digemari, Pemko Padang Siap Tambah Unit

    Bus Pariwisata Bayar Pakai Sampah Digemari, Pemko Padang Siap Tambah Unit PADANG, HARIANHALUAN.COM - Antusias warga Kota Padang dengan keberadaan bus pariwisata untuk keliling kota memberikan efek positif. Keramaian terjadi pada siang hingga sore hari di saat tanggal muda..
  • Ahad, 24 Juni 2018 - 10:27:41 WIB

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bagi warga Kota Padang arah selatan yang keluarganya meninggal dunia, saat ini sudah bisa menggunakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus. Tersedia tiga hektar luas tanah yang bisa memakamkan warga m.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM