Film Senyap Sukses Diputar di Kampus Proklamator


Ahad, 04 Januari 2015 - 19:29:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kawan-kawan kami di kampus lain di daerah Jawa berulang kali mendapat keca­-man dari elemen-elemen orga­nisasi luar kampus, sehingga tidak terlaksana. Maka kami pun berinisiatif memutar film tersebut pada puncak per­gantian tahun, dan sukses kami gelar,” ungkapnya.

Kie juga mengemukakan, usai pemutaran film dilan­jutkan dengan diskusi kecil. Dalam beberapa pandangan, cukup dimengerti dan meng­harukan, dan kesimpulannya pun cukup dimaknai dalam sudut pandang masing-masing tanpa harus menuntut atau menyudutkan siapa-siapa da­lam hal ini.

“Yang terpenting kami cukup paham atas makna dan pesan yang disampaikan dalam film tersebut, yang jelas kami telah mengetahui dan itu satu perbandingan ilmu tanpa mes­ti menuding, ini dan itu salah atau benar,” pungkasnya.

Ketika diminta keterangan, darimana memperoleh soft film tersebut, ia tidak me­nyebutkannya.

“Kami tidak ingin ini jadi satu persoalan baru bagi kami, dan film tersebut telah dikem­balikan dan tidak sempat kami copy, yang jelas kami telah menontonnya,” tegas Kie.

Mahasiswi lainya Adek (20) menilai, dari gambaran cerita film tersebut, memang ada beberapa hal yang belum terungkap soal sejarah. Ia ber­harap bersama rekan-re­kan­nya, film tersebut dapat diputarkan di setiap perguruan tinggi di Sumbar, tentunya dengan du­kungan akademisi yang men­dukung sejarah bangsa.

“Sebagai regenerasi ten­tunya ini membuat kami berf­ikir dan kemudian menjadi ilmu tambahan disamping kami mendapatkan ilmu di bangku kuliah. Jika memang ada pencekalan, secara tidak langsung telah men­dis­kre­ditkan soal pengetahuan, aneh bukan?” ungkapnya.

Dari informasi diperoleh mahasiswa di kampus prok­lamator itu, mereka ingin seka­li melakukan pemutaran dan sekaligus pembedahan film yang merupakan talian dari Trilogi Jagal (film sebelumnya karya Joshua). Dikabarkan mereka akan menggelarnya secara akbar, kapan dan di­mana belum diketahui secara pasti. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 September 2017 - 22:59:31 WIB

    Waspada Bahaya Laten, Andre Rosiade Dukung Nobar Film G30S/PKI

    Waspada Bahaya Laten, Andre Rosiade Dukung Nobar Film G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Meski menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat, pemutaran  film G30S/PKI di sejumlah daerah tetap akan diputar. Tak terkecuali di Kota Padang, yang ikut mengeluarkan surat edaran tentang siswa m.
  • Jumat, 22 September 2017 - 17:12:52 WIB

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 /Padang telah menyusun jadwal rencana nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September PKI  (G-30S/PKI). .
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 15:10:47 WIB

    Disparekraf Sumbar Gelar Workshop dan Lomba Film Animasi

    PADANG, HALUAN — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) akan menggelar workshop dan lomba film animasi. Diharapkan melalui lomba ini akan menghasilkan animator handal dari Sumbar..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM