Iran Klaim Embargo Senjata dari PBB Sudah Ditarik, Sekaligus Kemenangan Diplomatik atas AS


Ahad, 18 Oktober 2020 - 18:13:31 WIB
Iran Klaim Embargo Senjata dari PBB Sudah Ditarik, Sekaligus Kemenangan Diplomatik atas AS Ilustrasi salah satu senjata Iran, rudal balistik

TEHERAN, HARIANHALUAN.COM - Sejalan dengan kesepakatan nuklir penting tahun 2015 dengan kekuatan dunia yang telah ditarik Washington, kini Iran mengklaim embargo lama PBB atas penjualan senjata ke dan dari republik Islam itu berakhir pada Minggu (18/10/2020). 

Dilansir AFP, Minggu (18/10) Teheran, yang sekarang dapat membeli senjata dari Rusia, China, dan tempat lain, memuji perkembangan tersebut sebagai kemenangan diplomatik atas musuh bebuyutannya, Amerika Serikat.

"Mulai hari ini, semua pembatasan pada transfer senjata, kegiatan terkait dan layanan keuangan ke dan dari Republik Islam Iran semuanya otomatis dihentikan," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Embargo penjualan senjata konvensional ke Iran akan mulai berakhir secara bertahap mulai Minggu, 18 Oktober, di bawah ketentuan resolusi PBB yang merestui kesepakatan nuklir 2015 antara republik Islam dan kekuatan dunia.

"Mulai hari ini, Republik Islam dapat memperoleh senjata dan peralatan yang diperlukan dari sumber mana pun tanpa batasan hukum, dan hanya berdasarkan kebutuhan pertahanannya," ujar Kemenlu menambahkan dalam pernyataannya di Twitter.

Kemenlu menegaskan bahwa di bawah ketentuan kesepakatan, yang dilakukan dengan Amerika Serikat, China, Inggris, Prancis, Jerman dan Rusia, "pencabutan pembatasan senjata dan larangan perjalanan dirancang untuk menjadi otomatis tanpa diperlukan tindakan lain."

Sebelumnya diketahui, Presiden AS Donald Trump menarik negaranya dari kesepakatan nuklir pada 2018 dan secara sepihak mulai menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Tetapi Washington mengalami kemunduran pada Agustus ketika gagal memenangkan dukungan dari Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang embargo senjata tanpa batas. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 September 2020 - 10:15:20 WIB

    Gawat! Trump Bakal Jatuhkan 'Serangan' Lagi ke Iran

    Gawat! Trump Bakal Jatuhkan 'Serangan' Lagi ke Iran HARIANHALUAN.COM - Menjelang berakhirnya embargo senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Iran, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana untuk mengeluarkan perintah eksekutif baru yang menargetkan Iran..
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 09:25:52 WIB

    Pasukan Iran Tembakkan Rudal Kapal Tiruan AS, Ternyata?

    Pasukan Iran Tembakkan Rudal Kapal Tiruan AS, Ternyata? HARIANHALUAN.COM - Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) menembakkan rudal ke kapal induk tiruan Amerika Serikat, USS Nimitz saat latihan perang di Selat Hormuz. Latihan militer pada Selasa (28/7/2020) itu dilakukan di tengah me.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 20:00:32 WIB

    Iran-Israel di Ambang Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempurnya

    Iran-Israel di Ambang Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Tempurnya HARIANHALUAN.COM – Iran dan Israel terus memanas, bahkan bisa berujung perang. Garda Revolusi Iran (IRGC) pun terus memasang kuda-kuda terhadap negara-negara Barat. Negara Apartheid itu pun kerap menyerang Iran, sebuah insi.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 07:11:33 WIB

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera

    Dua Jet Tempur AS Senggol Pesawat Iran, Penumpang Cedera HARIANHALUAN.COM - Dua jet tempur Amerika Serikta 'mencium' sebuah pesawat penumpang Iran di atas wilayah udara Suriah. Akibat hal itu pilot mengubah ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan, yang menyebabkan sejuml.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 07:36:02 WIB

    89 Kali Kapal AL Tiongkok Menyusup ke Perairan Malaysia

    89 Kali Kapal AL Tiongkok Menyusup ke Perairan Malaysia HARIANHALUAN.COM - Malaysia menyatakan, kapal-kapal Penjaga Pantai dan Angkatan Laut (AL) Tiongkok menyusup ke perairan Malaysia di Laut China Selatan yang disengketakan sebanyak 89 kali sepanjang 2016 hingga 2019..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]