Wah, Orang Bergolongan Darah O atau B Tak Mudah Terpapar Covid-19


Ahad, 18 Oktober 2020 - 11:12:54 WIB
Wah, Orang Bergolongan Darah O atau B Tak Mudah Terpapar Covid-19 Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Orang dengan golongan darah O atau B memiliki risiko lebih rendah terkena virus corona dan tidak mengalami sakit parah ketika mereka terinfeksi Covid-19, atau lebih tahan/kebal.

Demikian temuan dua penelitian terbaru. Salah satu studi baru di antaranya secara khusus menemukan bahwa pasien Covid-19 dengan tipe darah O atau B menghabiskan lebih sedikit waktu di unit perawatan intensif daripada rekan mereka dengan Tipe A atau AB.

Mereka juga cenderung tidak membutuhkan ventilasi dan cenderung tidak mengalami gagal ginjal.

Dua studi baru yang diterbitkan di jurnal Blood Advances pada 14 Oktober lalu itu menguatkan penelitian sebelumnya mengenai darah tipe O, di mana orang dengan golongan darah O atau B tidak mengalami sakit parah ketika terinfeksi Covid-19.

Pada peneliti di Universitas British Columbia, Kanada, mengamati 95 pasien Covid-19 yang sakit kritis di rumah sakit di Vancouver, antara Februari hingga April.

Mereka menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O atau B rata-rata menghabiskan 4,5 hari lebih sedikit di unit perawatan intensif dibandingkan dengan mereka yang memiliki darah golongan A atau AB.

Kelompok dengan golongan darah A atau AB tinggal selama 13,5 hari di ICU. Namun, para peneliti tidak melihat adanya hubungan antara golongan darah dan lama pasien dirawat di rumah sakit.

Namun, mereka menemukan bahwa hanya 61 persen pasien dengan golongan darah O atau B yang membutuhkan ventilator, dibandingkan dengan 84 persen pasien dengan golongan darah A atau AB.

Sementara itu, pasien dengan tipe A atau AB juga lebih mungkin membutuhkan dialisis, prosedur yang membantu ginjal menyaring racun dari darah.

“Pasien dalam dua golongan darah ini mungkin memiliki peningkatan risiko disfungsi atau kegagalan organ akibat Covid-19 dibandingkan orang dengan golongan darah O atau B,” para penulis penelitian menyimpulkan.

Sebuah studi lain pada bulan Juni menemukan hubungan serupa: pasien di Italia dan Spanyol dengan golongan darah O memiliki risiko 50 persen lebih rendah dari infeksi virus corona yang parah dibandingkan dengan pasien dengan golongan darah lain.

Studi baru kedua itu menemukan bahwa orang dengan golongan darah O mungkin berisiko lebih rendah terkena virus korona dibandingkan orang dengan golongan darah lain.

Tim tersebut memeriksa hampir setengah juta orang di Belanda yang dites Covid-19 antara akhir Februari hingga akhir Juli. Dari sekitar 4.600 orang yang dites positif dan melaporkan golongan darah mereka, 38,4 persen memiliki darah tipe O.

Itu lebih rendah dari prevalensi tipe O pada populasi 2,2 juta orang Denmark, 41,7 persen, sehingga para peneliti menentukan bahwa orang dengan golongan darah O telah terhindar dari infeksi secara tidak proporsional.

"Golongan darah O secara signifikan dikaitkan dengan penurunan kerentanan," tulis para penulis.

Secara umum, golongan darah Anda bergantung pada ada atau tidaknya protein yang disebut antigen A dan B di permukaan sel darah merah—sifat genetik yang diwarisi dari orangtua. Orang dengan darah O tidak memiliki antigen.

Beberapa penelitian lain sebelumnya juga menyimpulkan hal yang sama. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:17:42 WIB

    Wah, Pilek Ternyata juga Bisa Terjadi pada Alat Kelamin

    Wah, Pilek Ternyata juga Bisa Terjadi pada Alat Kelamin HARIANHALUAN.COM - Pilek tak hanya terjadi pada hidung, melainkan juga bisa menyerang alat kelamin. Pilek pada alat kelamin dikenal juga dengan istilah medis gonore..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 20:37:04 WIB

    Wah, Ternyata Hand Sanitizer Dibuat dari Limbah Sawit?

    Wah, Ternyata Hand Sanitizer Dibuat dari Limbah Sawit? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan antiseptik pembersih tangan atau hand sanitizer setelah adanya panic buying oleh masyarakat akibat serangan virus corona menjadi masalah baru yang sedang dihadapi Indonesia saat ini..
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:05:10 WIB

    Wah, Jambu Biji Potensial Pencegah Corona

    Wah, Jambu Biji Potensial Pencegah Corona HEALTH,HARIANHALUAN.COM- Jambu biji mengandung senyawa kandidat potensial yang dapat digunakan untuk menciptakan obat untuk menghambat dan mencegah virus Corona jenis baru atau SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, demikian hasil pen.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:16:54 WIB

    Wah, Pakar Kesehatan Indonesia Sebut Ras Melayu Lebih Kebal Virus Corona

    Wah, Pakar Kesehatan Indonesia Sebut  Ras Melayu Lebih Kebal  Virus Corona HEATLH,HARIANHALUAN.COM--Indonesia dianggap aman dari infeksi virus Corona karena adanya perbedaan ras dengan negara-negara yang telah terinfeksi. Masyarakat Indonesia yang termasuk dalam rumpun ras Melayu dianggap punya rese.
  • Senin, 03 Februari 2020 - 22:09:18 WIB

    Wah, Ilmuwan China Bersumpah Wabah Virus Corona Murni dari Alam

    Wah, Ilmuwan China Bersumpah Wabah Virus Corona  Murni dari Alam BEIJING,HARIANHALUAN.COM-Ilmuwan Institut Virologi Wuhan, Akademi Ilmu Pengetahuan China, Shi Zhengli menegaskan, virus korona murni dari alam..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]