Kejam! Bocah RZ Dianiaya Orangtuanya Sendiri


Ahad, 18 Oktober 2020 - 08:32:27 WIB
Kejam! Bocah RZ Dianiaya Orangtuanya Sendiri Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Anak dibawah umur  berinisial RZ (8) dianiaya oleh orantuanya sendiri serta ditelantarkan. Untung saja kasus ini cepat dibongkar  jajaran Polres  Pelalawan, Riau. Bahkan Kapolres AKBP Indra Wijatmiko SIKmengakat bocah RZ sebagai anaknya.

Itulah antara lain  yang membuat Kapolres Pelalawan, Riau, AKBP Indra Wijatmiko SIK beserta jajarannya menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Jumat (16/10).

Menurut Ketua Komnas PA Aris Merdeka Sirait, penghargaan ini diberikan atas kinerja aparat kepolisian yang dalam waktu singkat dapat menuntaskan kasus ini.

Disamping itu Ia juga sangat mengapresiasi atas diangkat anak RZ oleh Kapolres sehingga hal ini mencerminkan seorang pemimpin yang mempunyai kepedulian cukup tinggi terhadap perkembangan anak-anak di Kabupaten Pelalawan.

Kemudian Aris Merdeka Sirait juga menyoroti cukup tingginya kasus anak baik yang menjadi korban maupun pelaku kejahatan di Provinsi Riau.

“Angka cukup tinggi sesuai paparan yang disampaikan Kabid Humas Polda Riau yang diwakili oleh Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Drs. Krispamono,” terangnya.

Namun ditambahkannya lagi, ada satu kasus yang menjadi atensi kami di Komnas PA yang terjadi di Riau, yakni tewasnya Anjelika (11) warga Pasirputih Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, yang saat ditemukan sudah tinggal kerangka tulang belulang tidak jauh dari rumahnya.

“Sudah 4 tahun kasus ini tidak terungkap. Saya berharap agar pihak penegak hukum dapat menuntaskan kasus yang terjadi di tahun 2016 yang lalu,” katanya

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK dalam sambutannya, mengucapkan trima kasih kepada Komnas PA atas penghargaan diberikan.

“Keberhasilan dalam mengungkap pelaku kekerasan terhadap anak tidak lepas dari dukungan, semangat serta kerja keras seluruh jajarannya,” ungkapnya.

Untuk itu Ia sangat mengharapkan kerjasama dan peran serta masyarakat dan pemerintah terutama orang tua dalam mengawasi dan memberi perhatian dalam tumbuh kembangnya calon generasi penerus bangsa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Komnas PA dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam memfasilitasi kegiatan ini. Semoga apa yang kami terima ini dapat lebih memacu kinerja kami dalam menuntaskan setiap persoalan anak di Kabupaten Pelalawan,” terangnya mengakhiri. 

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Komitmen Implementasi UU Perlindungan Anak di Kab. Pelalawan oleh seluruh pejabat yang berkepentingan.

Terlihat yang hadir Ketua Komnas PA Aris Merdeka Sirait, Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK, Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Drs. Krispamono, Bupati Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga, Kadisper Lanud Simpang Tiga, Ketua Komnas PA Riau Dewi, Ka UPT P2TP2A Provinsi Riau, Kadis P3P2KB Kabupaten Pelalawan Ferry Zulkarnain dan zeluruh PJU Polres Pelalawan.

15 orang penerima penghargaan dari Komnas PA adalah:  Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, Kasat Reskrim AKP Ario Damar, Iptu Tommy Vera Berlin, Kanit IV PPA Satreskrim Aipda Doni Hariyanto, Bripka M T Pakpahan, Briptu Dwi Vanni, Bripda Rizki Madera, dan Bpipda Beni Parhusip.

Kemudian Kapolsek Pangkalan Kuras Kompol Ahmad, Panit I Reskrim Ipda Esafati Daeli, Panit II Reskrim Bripka Debora Putra Batubara, Brigadir Hendra Gunawan, dan Briptu Herris. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]